Skip to main content

Latihan Soal Sbdp Kelas 6 Semester 1 K13 Terbaru

Berikut ini ialah teladan Latihan Soal SBdP Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Terbaru. Soal SBdP ini sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Soal SBdP ini ialah adalah materi pendukung Tema 3. Semoga soal SBdP ini sanggup dijadikan sebagai materi tumpuan berguru untuk adik-adik kelas 6 dalam menghadapi UTS / Perguruan Tinggi Swasta (Penilaian Tengah Semester 1)

Soal SBdP Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 (Tema 3)


Berikut ini ialah teladan Latihan Soal SBdP Kelas  Latihan Soal SBdP Kelas 6 Semester 1 K13 Terbaru

I. Berilah tanda silang (x) pada abjad a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
1. Jarak antara nada yang satu dengan nada yang lain atau korelasi suatu nada dengan nada yang lain disebut ....
a. harmoni
b. akor
c. melodi
d. interval

2. Jarak antara nada mi dengan fa ialah ....
a. 1/2
b. 1
c. 1 1/2
d. 2

3. Lagu Cing Cangkeling berasal dari tempat ....
a. Kalimantan Timur
b. Jawa Barat
c. Papua
d. Sulawesi Selatan

4. Perhatikan tabel berikut!

Berikut ini ialah teladan Latihan Soal SBdP Kelas  Latihan Soal SBdP Kelas 6 Semester 1 K13 Terbaru

Jarak nada yang benar ditunjukkan oleh ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
.
5. Oktaf merupakan nama untuk jarak nada ....
a. (3 )
b. (4)
c. (3)
d. (6)

6. Pada sebuah alat musik. nada dasar selalu dihitung dari C, artinya ....
a. C = 0 (Do)
b. C = 1/2 (Do)
c. C = 1 (Do)
d. C = 1 1/2 (Do)

7. Tuts pada alat musik piano berjumlah ....
a. 10
b. 11
c. 12
d. 13

8. Jarak interval nada G ke nada F ialah ....
a. 3
b. 4
c. 5
d. 6

9. Jarak interval nada C ke nada F disebut ....
a. prime murni
b. second besar
c. ters besar
d. kwart murni

10.
Berikut ini ialah teladan Latihan Soal SBdP Kelas  Latihan Soal SBdP Kelas 6 Semester 1 K13 Terbaru

 Alat musik pada gambar dimainkan dengan cara ....
a. dipetik
b. ditiup
c. dipukul
d. ditekan

11. Serangkaian nada-nada tunggal yang dikenali sebagai suatu kesatuan menyeluruh disebut ....
a. interval
b. melodi
c. ritme
d. ketukan
.
12. Kenyamanan dari interval-interval sanggup ditunjukan dengan tingkat ....
a. consonance
b. melodi
c. syair
d. intonasi

13.

Berikut ini ialah teladan Latihan Soal SBdP Kelas  Latihan Soal SBdP Kelas 6 Semester 1 K13 Terbaru

Alat musik pada gambar menurut penyajiannya termasuk alat musik ....
a. kelompok
b. harmonis
c. melodis
d. ritmis

14. Lagu lbu Kita Kartini diciptakan oleh ....
a. Ibu Sud
b. W.R. Supratman
c. Kartini
d. Pak Kasur

15. Alat musik di bawah iní yang merupakan teladan alat musik ritmis ialah ....
a. seruling
b. pianika
c. simbal tangan
d. biola

16. Perpaduan nada-nada melodi dengan pola ritme yang selaras merupakan pengertian dari ....
a. ritme
b. harmoni
c. timbre
d. melodi

17. Interval nada dari nada ke satu ke nada ketiga disebut ....
a. sekt
b. prim
c. terts
d. quart

18. Berikut yang bukan merupakan alat musik melodis ialah ....
a. harmonika
b. seruling
c. gitar
d. drum

19. Nada do - re berjarak ....
a. 2
b. 1
c. 1/2
d. 1/4

20. Jarak interval 2 mempunyai nama ....
c. terts
a. prime
d. kuarts
b. sekon

II. Isilah titik-titik berikut dengan tanggapan yang benar !
1. Sekon ialah nama untuk nada dengan jarak ........................................
2. Nada c - g berjarak ............................................
3. Nada dengan jarak 4 disebut .......................................
4. Nada dengan tingkatan paling tinggi ialah ...................................
5. Nada do dengan re mempunyai jarak ..................................................
6. Not balok sanggup dipakai untuk menghitung .......................................
7. Interval nada ialah rumus yang telah ditetapkan secara ...................................
8. Jarak nada C ke C1 disebut ............................................................
9. Septime merupakan nama untuk jarak nada ............................................
10. Interval prime mengatakan bahwa sebuah nada berjarak ........................................
11. Semakin disonance sebuah interval artinya interval semakin ..................................
12. Gitar merupakan teladan alat musik ......................................................
13. Memainkan melodi sebuah lagu ialah fungsi alat musik ...........................................
14. Interval nada dipakai untuk membentuk melodi atau harmoni pada .................................
15. Alat musik tidak bernada disebut juga alat musik ..............................................
16. Serangkaian sejumlah nada yang disusun dan dibunyikan secara runtut dan teratur merupakan pengertian .................................
17. Interval dari c – c1 mempunyai jarak interval sebesar ...........................................
18. Tuts piano terdapat warna ..................................................
19. Alat musik yang dipakai sebagai pengiring lagu disebut alat musik ...........................
20. Berdasarkan ada tidaknya nada, angklung termasuk alat musik .........................................

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terperinci dan benar!
1. Jelaskan ihwal interval nada dalam bermusik !
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................

2. Gambarkan teladan jarak nada dalam seni musik!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................

3. Bagaimana penyusunan tangga nada dalam tangga nada diatonis?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................

4. Tuliskan tingkatan-tingkatan dalam tangga nada!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................

5. Jelaskan interval nada yang dipakai pada piano !
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................

6. Berapa interval nada C ke G? Bagaimana penyebutannya?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................

7. Apa yang dilakukan biar tidak kehilangan bunyi ketika bernyanyi?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................

8. Mengapa seorang penyanyi harus menguasai tinggi rendah nada?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................

9. Siapa pencipta lagu Rayuan Pulau Kelapa!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................

10. Jelaskan tuts pada alat musik piano serta jarak nadanya!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................

11. Apa kegunaan interval pada sebuah lagu?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................

12. Bagaimana mengetahui kenyamanan interval dalam sebuah lagu?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................

13. Jelaskan cara mengakibatkan kesan atau suasana pada lagu ?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................

14. Sebutkan beberapa teladan alat musik melodis !
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................

15. Sebutkan beberapa teladan alat musik ritmis!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................

16. Jelaskan korelasi interval nada dengan harmoni lagu !
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................

17. Berikan teladan nada-nada yang berjarak 1/2 !
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................

18. Sebutkan perbedaan alat musik ritmis dengan alat musik melodis!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................

19. Apa yang dimaksud dengan tone dan semitone?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................

20. Sebutkan nama-nama interval nada beserta jarak intervalnya !
Jawab : .....................................................................................................................................................
..................................................................

Kunci Jawaban Room I

1. d. interval
2. b. 1
3. b. Jawa Barat
4. b. (2) .
5. d. (6)
6. c. C = 1 (Do)
7. c. 12
8. c. 5
9. d. kwart murni
10. d. ditekan
11. b. melodi
12. a. consonance
13. d. ritmis
14. b. W.R. Supratman
15. c. simbal tangan
16. b. harmoni
17. c. terts
18. d. drum
19. b. 1
20. b. sekon

Kunci Jawaban Room II

1. 1 – 2
2. 3 1/2
3. quart
4. do’
5. 1
6. tempo
7. internasional
8. prime murni
9. 5 1/2
10. 0
11. tidak nyaman terdengar di telinga
12. melodis
13. melodis
14. pola suara
15. ritmis
16. melodi
17. 0
18. tuts putih dan tuts hitam
19. ritmis
20. melodis

Kunci Jawaban Room III

1. Interval (musik) ialah sebuah jarak antara nada satu ke nada yang lainnya. baik jarak nada ke atas atau jarak nada ke bawah.

2. Gambar jarak nada

Berikut ini ialah teladan Latihan Soal SBdP Kelas  Latihan Soal SBdP Kelas 6 Semester 1 K13 Terbaru


3. Susunan tangga nadanya ialah c d e f g a b c, Solmisasinya 1-2-3-4-5-6-7-1, Susunan jaraknya ialah 1 1 1/2 1 1 1 1/2
4. Do, re, mi, fa, sol, la, si, do. == C, D, E, F, G, A, B, C’
5. memakai tangga nada mayor dan minor
6. 3 1/2 penyebutannya kwint murni
7. dengan mengatur tinggi rendah nada yang dinyanyikan

8. biar menjadi penyanyi serba bisa
9. Ismail Marzuki
10. pada tuts piano terdapat dua warna yaitu hitam dan putih. Dalam satu oktaf terdapat 12 tutus yang terdiri dari 7 tuts putih dan 5 tuts hitam. Antara tuts satu ke tuts berikutnya dalam satu oktaf tersebut ada dua macam interval nada yaitu tone dan semitone. Tone artinya jarak satu nada dan semitone artinya berjarak setengah nada.

11. untuk membentuk melodi atau harmoni pada sebuah lagu
12. Kenyamanan dari interval-interval sanggup ditunjukkan dengan tingkat consonance / disonance. Semakin consonance sebuah interval artinya interval tersebut semakin nyaman terdengar di telinga, dan semakin disonance sebuah interval artinya interval tersebut semakin tidak nyaman terdengar di telinga

13. dengan cara menjiwai lagu yang dinyanyikan

14. gitar, seruling, piano, biola, harmonika, kecapi, angklung

15. gendang, drum, rebana

16. interval nada bersahabat kaitannya dengan harmoni lagu alasannya ialah nada-nada akan semakin indah dan bermakna jikalau dirangkai menjadi suatu susunan yang selaras dan harmonis

17. mi – fa si -do

18. alat musik melodis ialah alat musik bernada, sedangkan alat musik ritmis ialah alat musik tidak bernada
4.4
19. Tone artinya jarak satu nada sedangkan semitone artinya berjarak setengah nada.

20. Nama nama interval atau selang nada yaitu :
Selang nada 1 – 1 disebut Prim
Selang nada 1 – 2 disebut Sekon
Selang nada 1 – 3 disebut Terts
Selang nada 1 – 4 disebut Kuart
Selang nada 1 – 5 disebut Kwint
Selang nada 1 – 6 disebut Sekst
Selang nada 1 – 7 disebut Septim
Selang nada 1 – 8 disebut Oktaf

Download Latihan Soal SBdP Kelas 6 Semester 1 K13 Terbaru plus Kunci Jawaban

Itulah Latihan Soal SBdP Kelas 6 Semester 1 K13 Terbaru yang sanggup saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Soal Uas 2 / Ukk Matematika Kelas 5 Plus Kunci Jawaban

Berikut ini yaitu pola latihan soal UAS 2 / ulangan kenaikan kelas (UKK) mata pelajaran Matematika untuk adik-adik yang duduk di dingklik sekolah dasar kelas 5. I. Berilah tanda silang (x) pada abjad a, b, c, atau d di depan tanggapan yang paling benar  ! 1. 367.234 - 77 x 15 + 17.594 : (-38) = .... a. 326.526 b. 348.616 c. 351.116 d. 365.646 2. Pengerjaan (29 x 32) x 16 = 29 x (32 x 16) merupakan pengerjaan hitung memakai sifat .... a. komutatif b. asosiatif c. distributif d. inisiatif 3. Bilangan 453 jikalau dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi .... a. 400 b. 450 c. 460 d. 500 4. FPB dari 75, 90, dan 105 yaitu .... a. 5 b. 7 c. 15 d. 25 5. 180 m + 46 cm - 38 m = .... cm a.  264 b.  1884 c. 18.084 d. 18.840 6.√625 x 6² = .... a. 660 b. 661 c. 662 d. 665 6.  Nilai 80% dari Rp 600.000,00 yaitu .... a. Rp 420.000,00 b. Rp 450.000,00 c. Rp 460.000,00 d. Rp 480.000,00 7. 9/25 = .... Pecahan di atas jikalau diubah...

Pembagian Susun (Porogapit) Untuk Anak Kelas 3 Sd

Artikel ini aku tulis berdasarkan ajakan sobat blogger yang kesulitan mengajarkan pembagian kepada adiknya yang duduk di dingklik kelas 3 SD. Sebenarnya bukan kakaknya yang tidak bisa mengajari adiknya, kesulitan ada pada adiknya yang gagal paham. Begini ya prend, mengajari anak Matematika khususnya pembagian itu membutuhkan kesabaran. Proses pembelajaran yang lebih serius dimulai saat anak sudah duduk di dingklik kelas 3 SD  yang mana anak harus berpindah proses dari banyak bermainnya saat berguru menjadi lebih fokus kepada pelajaran. Untuk mengajarkan pembagian pada tingkat lanjut, anak harus mengenal dulu konsep pembagian yang tentunya sudah dipelajari sebelumnya. Ketika masih duduk di dingklik kelas 2 SD, siswa dikenalkan bahan dasar ihwal perkalian dan pembagian. Jika perkalian yaitu penjumlahan berulang, pembelajaran selanjutnya siswa akan berguru mengenai pembagian sebagai pengurangan berulang. Konsep perkalian Dalam perkalian yang merupakan penjumlahan berulang memp...

Cara Gampang Menghitung Perkalian Dua Digit

Assalamualaikum... Hallo guys, jumpa lagi dengan nih. Sudah usang ya saya tidak update artikel di blog kesayangan ini. Langsung saja pada pada dasarnya OK ! Belajar Perkalian Dua Digit Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak mencar ilmu perkalian dua digit untuk pemula. Mengapa saya menyebutnya pemula? Seperti yang kita ketahui, perkalian merupakan salah satu dari empat operasi dasar aritmatika sebagai penjumlahan berulang. Perkalian yakni operasi hitung Matematika dengan cara mengalikan satu angka dengan angka yang lainnya. Dan ketika ini, pelajaran perkalian sudah mulai diajarkan kepada anak kelas 2 sekolah dasar yang artinya belum dewasa ini yakni pemula alasannya yakni mereka gres mengenal perkalian. Pelajaran perkalian untuk kelas 2 SD yakni perkalian dasar satu digit yang masih sanggup dikatakan gampang dan rata-rata anak sudah hampir menguasainya contohnya 4 x 5. Selanjutnya anak dikenalkan perkalian dua digit dengan satu digit angka contohnya 12 x 8. Dan ketika...