Skip to main content

Fungsi 14 Modal Auxiliary Dan Pola Kalimat

 postingan saya sebelumnya yang membahas wacana   Fungsi 14 Modal Auxiliary dan Contoh Kalimat
Artikel ini ialah lanjutan dari  postingan saya sebelumnya yang membahas wacana Aturan Penggunaan Modal Auxiliary. Kali ini saya akan membahas pembagian Modal menurut tenses.

Modal menurut tenses dibagi menjadi dua yaitu:
Modal Real Perfect atau modal aktual , yaitu modal will, would ,shall, should yang dipakai oleh 8 tenses.
Modal will,would, shall, should mempunyai makna akan. Sedangkan modal unreal perfect ialah semua modal yang tidak bermakna akan.

Fungsi-fungsi modal


1

CAN
CAN dipakai untuk menyatakan kemampuan ( Ability )
*I can speak English well.
*He can finish his duty quickly.
CAN dipakai untuk meminta izin.
*Can I borrow your book ?
*Can we leave this room ?
CAN dipakai untuk menyatakan kemungkinan (Possibility)
*Pick her now ! She can wait for you.
*I want to meet Sheyla. She can be at home.

2
                              
COULD
COULD ialah bentuk past dari CAN.
COULD dipakai untuk menyatakan kemampuan di masa lalu.
*Nino could answer that question well yesterday.
*Tom could pass examination last week.
COULD dipakai untuk menyatakan seruan yang sopan.
*Could you help me now Jim?
*Coul you lend me money ?
COULD dipakai untuk menyatakan kemungkinan di masa lalu.
*Maya could be angry last time.
*She could go home at that time.

3
                               
SHALL
SHALL dipakai dalam bentuk future yang bermakna akan dengan subjek
I dan We.
*We shall go by bus tomorrow.
*I shall phone my aunt soon.
SHALL dipakai untuk menyatakan janji.
*I shall propose you soon as possible.
*We shall attend your birthday party.

4

SHOULD
SHOULD ialah bentuk lampau dari SHALL.
*We should visit you last night but it was raining.
*I should take my sister to a dentist butb my motor bike got broken.
SHOULD dipakai untuk menyatakan proposal atau nasehat.
SHOULD berakna seharusnya,sebaiknya atau semestinya.
*You should go on vacation becau you are bored.
*Icha should improve your English.

5

WILL
WILL dipakai untuk menyatakan tragedi yang akan datang.
*She will continue her study next year.
*Will Antony lend us his notebook tonight.
Jika tragedi itu niscaya kita gunakan BE GOING TO.
*Mrs.Herny is going to explayning this lesson.
*Is he going to fly tomorrow morning ?
WILL dipakai untuk menyatakan permintaan.
*Wiil you give her a new car ?
*Will you accompany me to go shopping ?

6
                           
WOULD
WOULD ialah betuk past dari WILL.
WOULD juga bisa bermakna present atau future.
WOULD dipakai untuk menyatakan tragedi yang akan terjadi di masa lampau..
*Keanu would go camping last week.
*Would Ben marry you two year ago ?
WOULD dipakai untuk menyatakan permintaan.
*Would you help me ? (Sudikah kau membantuku)
Pola variasi WOULD yang artinya sudikah/maukah/keberatankah ?
1. Would you like + to infinitive ?
2. Would you mind + Gerund ?
3. Would you mind + if + S + V2 ?
*Sudikah kau meminjamiku uang ?
-Would you like to lend me money ?
*Keberatankah kau membawakan taski ?
-Would you mind bringing my bag ?
*Keberatankah kalau saya menemaniku ?
-Would you mind if I accompany you ?

7

MAY
MAY bermakna mungkin atau boleh.
MAY digukana untuk meminta ijin.
*May I see my value ? Yes , you may.
*May I smoke in this room ? No, you may not.
MAY dipakai untuk mengatakan kemungkinan ( Possibility )
*She is absent now. She may get sick.
*Phone him now ! He may answer your phone.
MAY dipakai untk doa atau pengharapan.
*May God bless you.
*My God grant all your whises.
*May they be happy forever.

8

MIGHT
MIGHT ialah bentuk past dari MAY.
MIGHT juga bisa bermakna present ataupun future.
MIGHT dipakai untuk menyatakan kemungkinan di masa lampau.
*She might watch a circus with her boyfriend last night.
*Jhon might be late yesterday .
MIGHT dipakai untuk menyatakan ijin.
*Might I help you ?
*Might we come a bit late tonight ?

9

MUST
MUST bermakna harus.
MUST dipakai untuk menyatakan keharusan.
*We must be on time. ( Kami harus sempurna waktu )
*I must be a success people.
MUST dipakai untuk menyatakan larangan ( Prohibition )
*You musn’t smoke in an conditioning room.
Note : MUST tidak boleh dipakai untuk menyatakan tidak adanya
keharusan.
Needn’t (don’t/doesn’t have to ) digunakann untuk menyatakan tidak
adanya keharusan (No Obligation)
Needn’t ialah lawan kata dari must. Must artinya harus , needn’t
artinya tidak harus.
Makara untuk menyatakan tidak harus gunakan needn,t bukan musn’t karena
must’t atau must not artinya dilarang.
Contoh kalimat :
*You needn;t come now.
*You don’t have to come now.
Needn’t (don’t/doesn’t have to ) dipakai untuk menyangkal pertanyaan
dengan memakai MUST.
Contoh :
*Must I return the book now ? No, you needn’t.
*Must we join you ? No, you don’t have to.
MUST juga bisa diganti dengan HAVE/HAS TO yang bermakna harus.
Contoh :
*He must type the letter now. Atau He has to type the letter now.
*We must obey parents. Atau We have to obey parents.
MUST tidak mempunyai bentk lampau. HAD TO dipakai untuk bentuk
lampau dari MUST, HAS TO, HAVE TO.
Contoh :
I had to pay bill yesterday.
Did Safina have to cook last night ?
Did dipakai untuk kalimat negative atau interrogative .


10

OUGHT TO
OUGHT TO bermakna semestinya, seharusnya, seyogyanya.
OUGHT TO dipakai untuk nasehat atau saran.
*She ought to study harder.
*You ought to send your application letter soon .
*Ought they visit the Borobudur temple tomorrow ?

11

HAD BETTER
HAD BETTER ialah modal auxiliary yang bermakna seharusnya, sebaiknya, semestinya.
Note : HAD BETTER bukan untuk menyatakan perbandingan (comparison)
HAD BETTER dipakai untuk menyatakan saran atau nasehat.
*They had better go early.
*Had I better leave by train ?
*Tono had better not ride a motorbike to school.
*She had better not go now.

12

WOULD RATHER
WOULD RATHER dipakai untuk menyatakan lebih suka .
WOULD RATHER hanya bisa diikuti oleh Verb Bare Invinitive.
*Saya lebih suka minum teh daripada kopi.
-I would rather drink tea than coffe.
-Sany would rather be cooking than washing.

13

NEED dan DARE  ( Semi Modal )
Disebut semi modal alasannya ialah disatu sisi kedudukannya bisa sebagai
ordinary, sedangkan disisi lain bisa berposisi sebagai auxiliary.
1. NEED
a.NEED dikala berposisi sebagai
noun  (kata benda ) diartikan
kebutuhan.
*Our needs are few . (Kebutuhan-kebutuhan kita sedikit )
b.NEED dikala berposisi sebagai Ordinary Verb artinya membutuhkan
atau memerlukan.
*I need to drink milk.  ( Saya butuh
minum susu )
c.NEED dikala berposisi sebagai Modal Auxiliary biasanya berbentuk
negative atau kebalikan dari MUST.
*You needn’t help me, I can do it by myself .( Kamu tidak perlu
membantuku, saya bisa melakukannya sendiri)
2. DARE
a. DARE bermakna tantangan dikala berposisi sebagai Noun.
*Can you take a dare ? ( Dapatkah kau mengambil tantangan )
*Criss John accepts Mike Tyson’s dare . ( Criss John menerima
tantangan Mike Tyson )
b. DARE dikala berposisi sebagai Verb Ordinary bermakana menantang.
*Criss John dares Mike Tyson. ( Criss John menantang Mike Tyson )
*They didn’t dare to face it. ( Mereka tidak menantang untuk
menghadapinya )
c. DARE dikala berposisi sebagai Modal Auxiliary diartikan berani
sama dengan mqkna pada Verb Ordinarynya.
*He dare come to my house. ( Dia berani tiba ke rumahku ) Modal
*He dares to come to my house ( Dia berani tiba ke rumahku ) Verb
Ordinary
*She dare tell the truth. ( Dia berani bercerita yang bahwasanya ) Modal
*She dares to tell the truth. ( Dia berani bercerita yang bahwasanya ) Verb Ordinary

Semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Soal Uas 2 / Ukk Matematika Kelas 5 Plus Kunci Jawaban

Berikut ini yaitu pola latihan soal UAS 2 / ulangan kenaikan kelas (UKK) mata pelajaran Matematika untuk adik-adik yang duduk di dingklik sekolah dasar kelas 5. I. Berilah tanda silang (x) pada abjad a, b, c, atau d di depan tanggapan yang paling benar  ! 1. 367.234 - 77 x 15 + 17.594 : (-38) = .... a. 326.526 b. 348.616 c. 351.116 d. 365.646 2. Pengerjaan (29 x 32) x 16 = 29 x (32 x 16) merupakan pengerjaan hitung memakai sifat .... a. komutatif b. asosiatif c. distributif d. inisiatif 3. Bilangan 453 jikalau dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi .... a. 400 b. 450 c. 460 d. 500 4. FPB dari 75, 90, dan 105 yaitu .... a. 5 b. 7 c. 15 d. 25 5. 180 m + 46 cm - 38 m = .... cm a.  264 b.  1884 c. 18.084 d. 18.840 6.√625 x 6² = .... a. 660 b. 661 c. 662 d. 665 6.  Nilai 80% dari Rp 600.000,00 yaitu .... a. Rp 420.000,00 b. Rp 450.000,00 c. Rp 460.000,00 d. Rp 480.000,00 7. 9/25 = .... Pecahan di atas jikalau diubah...

Pembagian Susun (Porogapit) Untuk Anak Kelas 3 Sd

Artikel ini aku tulis berdasarkan ajakan sobat blogger yang kesulitan mengajarkan pembagian kepada adiknya yang duduk di dingklik kelas 3 SD. Sebenarnya bukan kakaknya yang tidak bisa mengajari adiknya, kesulitan ada pada adiknya yang gagal paham. Begini ya prend, mengajari anak Matematika khususnya pembagian itu membutuhkan kesabaran. Proses pembelajaran yang lebih serius dimulai saat anak sudah duduk di dingklik kelas 3 SD  yang mana anak harus berpindah proses dari banyak bermainnya saat berguru menjadi lebih fokus kepada pelajaran. Untuk mengajarkan pembagian pada tingkat lanjut, anak harus mengenal dulu konsep pembagian yang tentunya sudah dipelajari sebelumnya. Ketika masih duduk di dingklik kelas 2 SD, siswa dikenalkan bahan dasar ihwal perkalian dan pembagian. Jika perkalian yaitu penjumlahan berulang, pembelajaran selanjutnya siswa akan berguru mengenai pembagian sebagai pengurangan berulang. Konsep perkalian Dalam perkalian yang merupakan penjumlahan berulang memp...

Cara Gampang Menghitung Perkalian Dua Digit

Assalamualaikum... Hallo guys, jumpa lagi dengan nih. Sudah usang ya saya tidak update artikel di blog kesayangan ini. Langsung saja pada pada dasarnya OK ! Belajar Perkalian Dua Digit Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak mencar ilmu perkalian dua digit untuk pemula. Mengapa saya menyebutnya pemula? Seperti yang kita ketahui, perkalian merupakan salah satu dari empat operasi dasar aritmatika sebagai penjumlahan berulang. Perkalian yakni operasi hitung Matematika dengan cara mengalikan satu angka dengan angka yang lainnya. Dan ketika ini, pelajaran perkalian sudah mulai diajarkan kepada anak kelas 2 sekolah dasar yang artinya belum dewasa ini yakni pemula alasannya yakni mereka gres mengenal perkalian. Pelajaran perkalian untuk kelas 2 SD yakni perkalian dasar satu digit yang masih sanggup dikatakan gampang dan rata-rata anak sudah hampir menguasainya contohnya 4 x 5. Selanjutnya anak dikenalkan perkalian dua digit dengan satu digit angka contohnya 12 x 8. Dan ketika...