Skip to main content

Cara Gampang Mencari Jarak, Kecepatan, Dan Waktu Tempuh

Kita semua niscaya pernah melaksanakan perjalanan dengan kendaraan baik itu dengan sepeda pancal, sepeda motor, mobil, bus, dan kendaraan lainnya. Umumnya kendaraan-kendaraan bermotor tersebut sudah dilengkapi alat pengukur jarak dan kecepatan yang disebut speedometer yang berfungsi semoga pengendara sanggup mengetahui kecepatan kendaraan yang dijalankannya.

Mencari Jarak, Kecepatan, dan Waktu

Nah, kini kita akan berguru lagi bahan perihal jarak, kecepatan, dan waktu tempuh semoga kita sanggup membantu adik-adik yang kesulitan mengerjakan PR nya. Materi perihal jarak, kecepatan, dan waktu tempuh kendaraan ini mulai dikenalkan di kursi sekolah dasar kelas 5. Meskipun sudah pernah diajarkan, namun sering kali kita masih galau dan bahkan lupa bahan yang satu ini.



Dan berikut ini cara gampang mencari jarak, kecepatan, dan waktu tempuh. Untuk menghitung, mencari, atau memilih jarak, kecepatan, dan waktu tempuh kita masih memakai segitiga abnormal ibarat menghitung, mencari, atau memilih jarak peta, skala peta, dan jarak gotong royong serta memilih volume, debit, dan waktu pada pelajaran Debit Air. Perbedaannya hanya pada hurufnya saja. Namun demikian tentunya abjad pada rumus mengandung pengertian yang tidak sama.

Segitiga Ajaib


Kita semua niscaya pernah melaksanakan perjalanan dengan kendaraan baik itu dengan sepeda panca Cara Praktis Mencari Jarak, Kecepatan, dan Waktu Tempuh

Segitiga ini sanggup membantu belum dewasa untuk mencari jarak, kecepatan, dan waktu tempuh. Anak cukup menutup dengan tangan satuan apa yang ditanyakan. Sehingga anak akan tahu tanpa menghafal, bahwa :

J = Jarak
K = Kecepatan
W = Waktu
Saya sebut segitiga abnormal ini dengan nama segitiga jokowi. Cara menghafalkan rumus ini cukup dengan mengingat nama presiden RI yaitu pak Jokowi. Jo yaitu jarak, Ko yaitu kecepatan, dan Wi yaitu waktu.

Namun sebelumnya kita pahami dulu ya semoga rumusnya nanti tidak terbalik-balik. Dan berikut ini pengertian tentang:

Jarak 
Jarak yaitu angka yang mengatakan seberapa jauh suatu benda berubah posisi melalui lintasan tertentu. Umumnya jarak memakai satuan meter atau kilometer.

Kecepatan
Kecepatan yaitu besaran yang mengatakan seberapa cepat benda berpindah. Satuan dari kecepatan yaitu meter/detik atau tergantung dari pertanyaannya.

Waktu Tempuh
Waktu tempuh yaitu lamanya waktu yang dipakai untuk menempuh suatu jarak tertentu. Satuannya yaitu detik, menit, jam.

Menentukan / Mencari Jarak 

Berikut ini yaitu referensi soal mencari jarak beserta cara menghitungnya memakai segitiga ajaib.

Contoh soal
Dimas mengendarai sepeda motor selama 2 jam 30 menit dengan kecepatan rata-rata 48 km/ jam. Berapa km jarak yang ditempuh Dimas?

Jawaban
Untuk mencari jarak, maka gunakan rumus segitiga abnormal ibarat di bawah ini.

Kita semua niscaya pernah melaksanakan perjalanan dengan kendaraan baik itu dengan sepeda panca Cara Praktis Mencari Jarak, Kecepatan, dan Waktu Tempuh

Diketahui waktu = 2 jam 30 menit = 2 1/2 = 2,5 jam (waktu harus diubah menjadi jam)
Kecepatan = 48 km/jam
Ditanya jarak?

J = K x W
J = 48 km/jam x 2,5 jam
J = 120 km
Makara jarak yang ditempuh Dimas yaitu 120 km

Menentukan / Mencari  Kecepatan

Berikut ini yaitu referensi soal mencari kecepatan rata-rata kendaraan beserta cara menghitungnya memakai segitiga ajaib.

Contoh soal
Jarak antara kota A ke kota B 90 km. Jarak tersebut sanggup ditempuh sebuah kendaraan beroda empat selama 1 1/2 jam. Berapa km/jam kecepatan rata-rata kendaraan beroda empat tersebut?

Jawaban
Untuk mencari kecepatan rata-rata, maka gunakan rumus segitiga abnormal ibarat di bawah ini.

Kita semua niscaya pernah melaksanakan perjalanan dengan kendaraan baik itu dengan sepeda panca Cara Praktis Mencari Jarak, Kecepatan, dan Waktu Tempuh

Diketahui jarak = 90 km
Waktu = 1 1/2 jam (1,5 jam)
Ditanyakan kecepatan?

K = J : W
K = 90 km : 1 1/2 (3/2) jam = 90 x 2/3 (pembagian pecahan harus dibalik) atau
K = 90 km : 1,5 jam
K = 60 km/jam
Makara kecepatan rata-rata = 60 km/jam

Menentukan / Mencari Waktu Tempuh

Berikut ini yaitu referensi soal mencari waktu tempuh beserta cara menghitungnya memakai segitiga ajaib.

Contoh soal
Jarak rumah Fani ke rumah Firda 100 km. Jarak tersebut ditempuh oleh Fani dengan sepeda motor berkecepatan rata-rata 40 km/jam. Berapa jam waktu yang diperlukan Fani semoga hingga di rumah Firda?

Jawaban
Untuk mencari waktu tempuh, maka gunakan rumus segitiga abnormal ibarat di bawah ini.

Kita semua niscaya pernah melaksanakan perjalanan dengan kendaraan baik itu dengan sepeda panca Cara Praktis Mencari Jarak, Kecepatan, dan Waktu Tempuh

Diketahui jarak = 100 km
Kecepatan = 40 km/jam
Ditanyakan waktu ?

W = J : K
W = 100 km : 40 km/jam
W = 2,5 jam
Makara waktu yang diperlukan Fani yaitu 2,5 jam.

Oh ya, aku mau curhat nih. Kapan hari itu kan ada beberapa murid les aku yang kelas 5. Mereka kebingungan saat mengerjakan PR Matematika kepingan pengukuran yaitu menghitung atau mencari jarak, kecepatan, dan waktu tempuh. Lalu aku tanya, "Di sekolah memakai rumus segitiga abnormal tidak"? Mereka pun kompak menjawab, "Tidaaak !". Nah, nah, naaah... Setelah itu mereka aku sarankan memakai rumus segitiga ajaib. Dan balasannya mereka pun sanggup mengerjakan PR dengan mudah. Alhamdulillah :)

Nah, link berikut ini akan mengajak adik-adik untuk berlatih mengerjakan Soal Jarak, Kecepatan, dan Waktu Tempuh. Bagaimana dan apapun soalnya, Rumusnya " Segitiga Pak Jokowi"

Baca juga ⇩

Rumus Berpapasan dan Menyusul plus Contoh Soal dan Pembahasan

Itulah Cara Praktis Mencari Jarak, Kecepatan, dan Waktu Tempuh yang sanggup aku bagikan. Semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Soal Uas 2 / Ukk Matematika Kelas 5 Plus Kunci Jawaban

Berikut ini yaitu pola latihan soal UAS 2 / ulangan kenaikan kelas (UKK) mata pelajaran Matematika untuk adik-adik yang duduk di dingklik sekolah dasar kelas 5. I. Berilah tanda silang (x) pada abjad a, b, c, atau d di depan tanggapan yang paling benar  ! 1. 367.234 - 77 x 15 + 17.594 : (-38) = .... a. 326.526 b. 348.616 c. 351.116 d. 365.646 2. Pengerjaan (29 x 32) x 16 = 29 x (32 x 16) merupakan pengerjaan hitung memakai sifat .... a. komutatif b. asosiatif c. distributif d. inisiatif 3. Bilangan 453 jikalau dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi .... a. 400 b. 450 c. 460 d. 500 4. FPB dari 75, 90, dan 105 yaitu .... a. 5 b. 7 c. 15 d. 25 5. 180 m + 46 cm - 38 m = .... cm a.  264 b.  1884 c. 18.084 d. 18.840 6.√625 x 6² = .... a. 660 b. 661 c. 662 d. 665 6.  Nilai 80% dari Rp 600.000,00 yaitu .... a. Rp 420.000,00 b. Rp 450.000,00 c. Rp 460.000,00 d. Rp 480.000,00 7. 9/25 = .... Pecahan di atas jikalau diubah...

Pembagian Susun (Porogapit) Untuk Anak Kelas 3 Sd

Artikel ini aku tulis berdasarkan ajakan sobat blogger yang kesulitan mengajarkan pembagian kepada adiknya yang duduk di dingklik kelas 3 SD. Sebenarnya bukan kakaknya yang tidak bisa mengajari adiknya, kesulitan ada pada adiknya yang gagal paham. Begini ya prend, mengajari anak Matematika khususnya pembagian itu membutuhkan kesabaran. Proses pembelajaran yang lebih serius dimulai saat anak sudah duduk di dingklik kelas 3 SD  yang mana anak harus berpindah proses dari banyak bermainnya saat berguru menjadi lebih fokus kepada pelajaran. Untuk mengajarkan pembagian pada tingkat lanjut, anak harus mengenal dulu konsep pembagian yang tentunya sudah dipelajari sebelumnya. Ketika masih duduk di dingklik kelas 2 SD, siswa dikenalkan bahan dasar ihwal perkalian dan pembagian. Jika perkalian yaitu penjumlahan berulang, pembelajaran selanjutnya siswa akan berguru mengenai pembagian sebagai pengurangan berulang. Konsep perkalian Dalam perkalian yang merupakan penjumlahan berulang memp...

Cara Gampang Menghitung Perkalian Dua Digit

Assalamualaikum... Hallo guys, jumpa lagi dengan nih. Sudah usang ya saya tidak update artikel di blog kesayangan ini. Langsung saja pada pada dasarnya OK ! Belajar Perkalian Dua Digit Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak mencar ilmu perkalian dua digit untuk pemula. Mengapa saya menyebutnya pemula? Seperti yang kita ketahui, perkalian merupakan salah satu dari empat operasi dasar aritmatika sebagai penjumlahan berulang. Perkalian yakni operasi hitung Matematika dengan cara mengalikan satu angka dengan angka yang lainnya. Dan ketika ini, pelajaran perkalian sudah mulai diajarkan kepada anak kelas 2 sekolah dasar yang artinya belum dewasa ini yakni pemula alasannya yakni mereka gres mengenal perkalian. Pelajaran perkalian untuk kelas 2 SD yakni perkalian dasar satu digit yang masih sanggup dikatakan gampang dan rata-rata anak sudah hampir menguasainya contohnya 4 x 5. Selanjutnya anak dikenalkan perkalian dua digit dengan satu digit angka contohnya 12 x 8. Dan ketika...