Skip to main content

Soal Uts Matematika Kelas 4 Semester 2 Tahun Pedoman 2017/2018

Berikut ini yakni pola latihan Soal UTS Matematika Kelas 4 Semester 2 Tahun Ajaran 2017/2018. Soal UTS Matematika ini sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga soal UTS Matematika ini sanggup membantu adik-adik yang akan menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS) 2.

Berikut ini yakni pola latihan Soal UTS Matematika Kelas  Soal UTS Matematika Kelas 4 Semester 2 Tahun Ajaran 2017/2018

I. Berilah tanda silang (X) pada karakter a, b, c atau d di depan balasan yang paling benar !

1. Pada garis bilangan, 5 langkah ke kiri dari 0, ke kiri lagi 2 langkah lalu ke kanan 3 langkah dan berhenti di titik n. Titik n yang dimaksud yakni ....
a. 7
b. -7
c. 4
d. -4

2. 18 - (-17) = n, nilai yang benar untuk n yakni ....
a. -1
b. 1
c. -35
d. 35

3.
Berikut ini yakni pola latihan Soal UTS Matematika Kelas  Soal UTS Matematika Kelas 4 Semester 2 Tahun Ajaran 2017/2018
Kalimat matematika yang ditunjukkan oleh garis bilangan di atas yakni ....
a. -4 + 7 = 3
b. 3 + (-7) = -4
c. -7 + 3 = -4
d. 3 + -7 = -4

4. 10 + (-15) - (-13) = n, nilai yang benar untuk n yakni ....
a. -8
b. -18
c. 8
d. 18

5. -9 + (-15) - (-18) = n, nilai yang benar untuk n yakni ....
a. 6
b. -6
c. -42
d. 24

6. -3, 4, -2, 0, 1
Urutan bilangan tersebut dari yang terkecil yakni ....
a. 0, 1, -2, -3, 4
b. 0, -2, -3, 1, 4
c. -2, -3, 0, 1, 4
d. -3, -2, 0, 1, 4

7. Hasil pengerjaan dari -17 + 15 - 8 yakni ....
a. 6
b. -10
c. -6
d. 10

8. Budi melangkah ke kiri 5 langkah, lalu melangkah 6 langkah ke kanan. Budi berhenti di titik ....
a. 11
b. -1
c. 1
d. -11

9. 6, -120, -85, 10
Bilangan yang memiliki nilai terbesar yakni ....
a. 6
b. -120
c. -85
d. 10

10. Jika a = 31, b = -12, dan a + b - c = 11, maka nilai c yakni ....
a. -8
b. 8
c. 32
d. -30

11.
Berikut ini yakni pola latihan Soal UTS Matematika Kelas  Soal UTS Matematika Kelas 4 Semester 2 Tahun Ajaran 2017/2018
Gambar di atas mengatakan pecahan ....
a. 5/12
b. 6/12
c. 6/6
d. 12/6

12. Pecahan sederhana dari 12/18 yakni ....
a. 1/2
b. 1/3
c. 2/3
d. 3/4

13. Pecahan biasa dari 5 2/3 yakni ....
a. 15/3
b. 16/3
c. 17/3
d. 18/3

14. 6/10, 5/10, 8/10, 7/10, 9/10
Urutan pecahan tersebut dari yang terkecil yakni ....
a. 5/10, 7/10, 6/10, 8/10, 9/10
b. 5/10, 6/10, 8/10, 7/10, 9/10
c. 5/10, 6/10, 7/10, 9/10, 8/10
d. 5/10, 6/10, 7/10, 8/10, 9/10

15. 3/5 = n/25. Agar benar, nilai n yakni ....
a. 5
b. 10
c. 15
d. 20

16. 5/6, 4/6, 3/6, 2/6,1/6.
Urutan pecahan dari yang terkecil yakni ....
a. 1/6, 3/6, 2/6, 4/6, 5/6
b. 1/6, 2/6, 3/6, 5/6, 4/6
c. 1/6, 2/6, 3/6, 4/6, 5/6
d. 1/6, 2/6, 4/6, 3/6, 5/6

17. 5/7 dari 210 yakni ....
a. 130
b. 135
c. 140
d. 150


18. Hasil dari 6/7 - 3/14 + 1/2 yakni ....
a. 1 1/7
b. 1 2/7
c. 1 3/7
d. 1 4/7

19. Pecahan yang senilai dengan 75/90 yakni ....
a. 3/4
b. 4/5
c. 5/6
d. 6/7

20. Untuk menyederhanakan pecahan 150/350, pembilang dan penyebut dibagi dengan bilangan ....
a. 10
b. 15
c. 30
d. 50

21. 3/5 + 0,4 + 25% = n, nilai n yakni ....
a. 1,2
b. 1,25
c. 1,5
d. 1,75

22. Bentuk pecahan gabungan dari 55/8 yakni ....
a. 6 1/8
b. 6 3/8
c. 6 5/8
d. 6 7/8

23. Selisih dari 5/8 dengan 1/4 yakni ....
a. 3/8
b. 1/2
c. 3/4
d. 7/8

24. Hasil pengerjaan 3/7 + 1 4/7 yakni ....
a. 1 6/7
b. 2
c. 2 1/7
d. 2 2/7

25. Hasil dari 8 - 5,26 yakni ....
a. 2,54
b. 2,74
c. 3,14
d. 3,24

26. n - 12/25 = 7/25. Agar benar, nilai n yakni ....
a. 5/25
b. 14/25
c. 17/25
d. 19/25

27. Hasil dari 3,45 - 2,27 yakni ....
a. 0,18
b. 1,18
c. 1,28
d. 1,8

28. Bentuk persen dari 5/8 yakni ....
a. 60 %
b. 62 %
c. 62,5 %
d. 625 %

29. Bentuk pecahan desimal dari 4/5 yakni ....
a. 0,25
b. 0,5
c. 0,75
d. 0,8

30. Jumlah semua bola ada 20. Bola merah ada 5. Persentase bola merah dari semua bola yakni ....
a. 1/2
b. 1/3
c. 1/4
d. 1/5

II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan balasan yang benar!

1. Hasil pengerjaan dari (-12) - 6 yakni ..................................................................................................
2. Lawan dari (7 - 12) yakni ...................................................................................................................
3. Tujuh langkah ke kiri dari titik 1 yakni ..............................................................................................
4. (-21) - (-17) = (-21) + n. Nilai n yakni ...............................................................................................
5. Satu semangka dibagi 6 bagian. Nilai tiap bab semangka mengatakan pecahan .........................
6. Nama pecahan paling sederhana dari 9/27 yakni ...............................................................................
7. Pecahan biasa dari 5 2/7 yakni ...........................................................................................................
8. 3/5 + 0,5 + 25% = ............................................................................................................................ %
9. 5/7 = 20/n , nilai n yakni .....................................................................................................................
10. Bentuk desimal dari 1 2/5 yakni .......................................................................................................

III. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !

1. Suhu di kamar pendingin mula-mula -8º C, lalu naik 10º C. Berapa suhu di kamar pendingin kini ?
Jawab : .............................................................................................................................................................................................................................................

2. Nando sedang bangun menghadap tiang bendera. Kemudian ia bergerak ke kanan sejauh 8 langkah dan bergerak lagi ke kanan 2 langkah. Setelah itu ia bergerak ke kiri 6 langkah. Tulislah kalimat matematika dari gerakan Nando !
Jawab : ...................................................................................................................................................................
...................................................................................

3. Hasil panen padi seorang petani 1 ton. Padi dijual ke pasar 3/8 ton. Dijual ke warung 1/8 ton. Sisanya dikirim ke luar daerah. Berapa ton padi yang dikirim ke luar daerah?
Jawab : ......................................................................................................................................................................................................................................................

4. Paman panen rambutan sebanyak 4/5 kuintal. Rambutan tersebut dijual sebanyak 3/5 kuintal. Kemudian ia memetik lagj 1/2 kuintal. Berapa kuintal rambutan paman sekarang?
Jawab : ......................................................................................................................................................................................................................................................

5. Sebuah drum berisi minyak tanah 4/7 bagian. Berapa bab lagi harus ditambahkan biar drum sanggup terisi penuh?
Jawab : .......................................................................................................................................................................................................................................................

Download Soal UTS Matematika Kelas 4 Semester 2 Tahun Ajaran 2017/2018

Kunci Jawaban Room I

1.d  2.d  3.a  4.c  5.b  6.d  7.b  8.c  9.d  10.b

11.b  12.c  13.c  14.d  15.c  16.c  17.d  18.a  19.c  20.d

21.b  22.d  23.a  24.b  25.b  26.d  27.b  28.c  29.d  30.c

Kunci Jawaban Room II

1. -18
2. 5
3. -8
4. 17
5. 1/6
6. 1/3
7. 37/7
8. 135 %
9. 28
10. 1,4

Kunci Jawaban Room III

1. 2º C.
2. 8 + 2 - 6
3. 4/8 ton
4. 7/10
5. 3/7
Warning : Harap tidak mengcopy paste dan mempublish ulang Soal UTS Matematika Kelas 4 Semester 2 Tahun Ajaran 2017/2018 yang ada di blog juraganles.com. Jadilah blogger kreatif dengan tidak melaksanakan copy paste dan mempublish ulang ! Terima kasih
Itulah Soal UTS Matematika Kelas 4 Semester 2 Tahun Ajaran 2017/2018 dan kunci balasan yang sanggup aku bagikan. Semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Soal Uas 2 / Ukk Matematika Kelas 5 Plus Kunci Jawaban

Berikut ini yaitu pola latihan soal UAS 2 / ulangan kenaikan kelas (UKK) mata pelajaran Matematika untuk adik-adik yang duduk di dingklik sekolah dasar kelas 5. I. Berilah tanda silang (x) pada abjad a, b, c, atau d di depan tanggapan yang paling benar  ! 1. 367.234 - 77 x 15 + 17.594 : (-38) = .... a. 326.526 b. 348.616 c. 351.116 d. 365.646 2. Pengerjaan (29 x 32) x 16 = 29 x (32 x 16) merupakan pengerjaan hitung memakai sifat .... a. komutatif b. asosiatif c. distributif d. inisiatif 3. Bilangan 453 jikalau dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi .... a. 400 b. 450 c. 460 d. 500 4. FPB dari 75, 90, dan 105 yaitu .... a. 5 b. 7 c. 15 d. 25 5. 180 m + 46 cm - 38 m = .... cm a.  264 b.  1884 c. 18.084 d. 18.840 6.√625 x 6² = .... a. 660 b. 661 c. 662 d. 665 6.  Nilai 80% dari Rp 600.000,00 yaitu .... a. Rp 420.000,00 b. Rp 450.000,00 c. Rp 460.000,00 d. Rp 480.000,00 7. 9/25 = .... Pecahan di atas jikalau diubah...

Pembagian Susun (Porogapit) Untuk Anak Kelas 3 Sd

Artikel ini aku tulis berdasarkan ajakan sobat blogger yang kesulitan mengajarkan pembagian kepada adiknya yang duduk di dingklik kelas 3 SD. Sebenarnya bukan kakaknya yang tidak bisa mengajari adiknya, kesulitan ada pada adiknya yang gagal paham. Begini ya prend, mengajari anak Matematika khususnya pembagian itu membutuhkan kesabaran. Proses pembelajaran yang lebih serius dimulai saat anak sudah duduk di dingklik kelas 3 SD  yang mana anak harus berpindah proses dari banyak bermainnya saat berguru menjadi lebih fokus kepada pelajaran. Untuk mengajarkan pembagian pada tingkat lanjut, anak harus mengenal dulu konsep pembagian yang tentunya sudah dipelajari sebelumnya. Ketika masih duduk di dingklik kelas 2 SD, siswa dikenalkan bahan dasar ihwal perkalian dan pembagian. Jika perkalian yaitu penjumlahan berulang, pembelajaran selanjutnya siswa akan berguru mengenai pembagian sebagai pengurangan berulang. Konsep perkalian Dalam perkalian yang merupakan penjumlahan berulang memp...

Cara Gampang Menghitung Perkalian Dua Digit

Assalamualaikum... Hallo guys, jumpa lagi dengan nih. Sudah usang ya saya tidak update artikel di blog kesayangan ini. Langsung saja pada pada dasarnya OK ! Belajar Perkalian Dua Digit Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak mencar ilmu perkalian dua digit untuk pemula. Mengapa saya menyebutnya pemula? Seperti yang kita ketahui, perkalian merupakan salah satu dari empat operasi dasar aritmatika sebagai penjumlahan berulang. Perkalian yakni operasi hitung Matematika dengan cara mengalikan satu angka dengan angka yang lainnya. Dan ketika ini, pelajaran perkalian sudah mulai diajarkan kepada anak kelas 2 sekolah dasar yang artinya belum dewasa ini yakni pemula alasannya yakni mereka gres mengenal perkalian. Pelajaran perkalian untuk kelas 2 SD yakni perkalian dasar satu digit yang masih sanggup dikatakan gampang dan rata-rata anak sudah hampir menguasainya contohnya 4 x 5. Selanjutnya anak dikenalkan perkalian dua digit dengan satu digit angka contohnya 12 x 8. Dan ketika...