Skip to main content

Contoh Soal Matematika Kelas 6 Kepingan Operasi Hitung Campuran

Berdasarkan pengamatan saya, ternyata masih banyak yang galau dengan bahan operasi hitung campuran. Apalagi bila soal melibatkan bilangan bundar positif dan negatif. Mereka yang sudah kelas 6 ini ada juga loh yang cara mengerjakannya dibolak-balik. Jadinya kan salah kaprah. Oke lah kalau memang demikian maka kiranya perlu aku memberikan contoh Soal Matematika Kelas 6 Bab Operasi Hitung Campuran beserta pembahasan atau cara mengerjakannya. Semoga saja sanggup dipahami sehingga adik-adik tidak galau lagi ketika bertemu soal operasi hitung campuran.

 ternyata masih banyak yang galau dengan bahan operasi hitung adonan Contoh Soal Matematika Kelas 6 Bab Operasi Hitung Campuran

Operasi Hitung Campuran

Operasi hitung adonan merupakan penghitungan yang melibatkan banyak sekali jenis operasi hitung (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian). 

Ketika melaksanakan pengerjaan hitung adonan yang perlu diperhatikan adalah:
a. Jika ada tanda kurung, maka harus didahulukan.
Contoh : (3 x 4) + (6 + 2) = 12 + 8 
                                           = 20

b. Perkalian dan pembagian sama kuatnya, maka pengerjaannya dimulai dari kiri
Contoh : 28 : 4 - 2 x 3 = 7 - (2 x 3)
                                    = 7 - 6
                                   = 1

c. Penjumlahan dan pengurangan sama kuat, maka pengerjaannya dimulai dari kiri.
Contoh : 20 - 5  + 10 =  15 + 10 = 25

d. Perkalian dan pembagian lebih berpengaruh daripada penjumlahan dan pengurangan, sehingga cara mengerjakannya dimulai dari yang lebih kuat. Artinya perkalian atau pembagian dikerjakan sendiri. Lebih mudahnya diberi tanda kurung.
Contoh : 90 : 5 - 7 x 2 + 10 = (90 : 5) - (7 x 2) + 10
                                             = 18 - 14 + 10
                                             = 4 + 10
                                             = 14

e.  Mengetahui operasi perkalian bilangan positif x positit, positif x negatif, negatif x positif, dan negatif x negatif

(+) x (+) = (+)
(+) x (-) = (-)
(-) x (+) = (-)
(-) x (-) = (+)

Contoh : 
3 x 4 = 12
3 x (-4) = (-12)
(-3) x 4 = (-12)
(-3) x (-4) = 12
    
f. Mengetahui operasi pembagian bilangan positif : positif, positif : negatif, negatif : positif, dan negatif : negatif 

(+) : (+) = (+)
(+) : (-) = (-)
(-) : (+) = (-)
(-) : (-) = (+)

Contoh : 
12 : 4 = 3
12 : (-4) = (-3)
(-12) : 4 = (-3)
-12 : (-4) = 3

g. Penjumlahan dan pengurangan bilangan bundar negatif dan bilangan bundar positif tergantung dari tanda dan bilangannya.

Contoh penjumlahan:
* 5 + 8 = 13
* (-5) + 8 = 3
* 5 + (-8) = -3

Contoh pengurangan:
* 5 - 8 = (-3)
* 5 - (-8) = 13 
Kok bisa? Iya alasannya yaitu - ketemu - balasannya +
5 - (-8) = 5 + 8 = 13
* -5 - 8 = (-13) 
Bagaimana caranya?
Kalau ada bilangan bundar negatif dikurangi bilangan bundar positif itu anggap saja sebagai penjumlahan bilangan bundar negatif.
-5 - 8 =  (-5) + (-8) = (-13)

Soal Matematika Operasi Hitung Campuran

Nah, sehabis agak paham ihwal operasi hitung campuran, berikut ini referensi latihan soal operasi hitung adonan untuk memantapkan bahan yang sudah dipelajari tadi.

Contoh soal 1

38 × (-26) – (-1.120) : 32 + 125 = ....

Pembahasan :
38 × (-26) – (-1.120) : 32 + 125 = ....
38 × (-26) – {(-1.120) : 32} + 125 = (-988) - (-35) + 125
                                                        = (-988) + 35 + 125
                                                        = -953 + 125
                                                        = -828

Contoh soal 2
896 : (-28) × 26 + (-213) – 372 = ....

Pembahasan :
896 : (-28) × 26 + (-213) – 372 = ....
{896 : (-28)) × 26 + {(-213) – 372} = (-32) x 26 + (-585)
                                                          = (-832) + (-585)
                                                          = (-1.417)

Contoh soal 3
138 + (-38) × 45 : (-15) – 258 = ....

Pembahasan :
138 + (-38) × 45 : (-15) – 258 = ....
138 + ((-38) × 45} : (-15) – 258 =  138 + {(-1.710) : (-15)} - 258
                                                    = 138 + 114 - 258
                                                    = (-6)
Contoh soal 4                                   
625 – (-1.768) : 34 × 17 + (-180) = ....

Pembahasan :
625 – (-1.768) : 34 × 17 + (-180) = ....
625 – {(-1.768) : 34} × 17 + (-180) = 625 - {(-52) x 17} + (-180)
                                                         = 625 - (-884) + (-180)
                                                         = 625 + 884 + (-180)
                                                         = 1.509 + (-180)
                                                         = 1.329

Contoh soal 5
(-68) × 35 + 624 : (-13) – (-732) = ....

Pembahasan :
(-68) × 35 + 624 : (-13) – (-732) = ....
{(-68) × 35} + {624 : (-13)} – (-732) = (-2.380) + (-48) – (-732)
                                                            = (-2.428) + 732
                                                            = (-1.696)
                                                       
Contoh soal 6
18 × {(-196) – (-924)} : 28 + 128 = ....

Pembahasan :
Pengurangan ada tanda kurung maka harus didahulukan
18 × {(-196) – (-924)} : 28 + 128 = 18 × {(-196) + 924} : 28 + 128
                                                       = {18 x 728} : 28 + 128
                                                       = {13.104 : 28} + 128
                                                       = 468 + 128
                                                       = 596
                                                     
Contoh soal 7
832 : (-32) × {228 + (-188)} – 351 = ....

Pembahasan :
Penjumlahan ada tanda kurung maka harus didahulukan
832 : (-32) × {228 + (-188)} – 351 = {-26 × 40} - 351
                                                        = (-1.040) - 351
                                                        = (-1.391)

Contoh soal 8                                                   
326 + (-352) × 45 : {(-166) – (-286)}= ....

Pembahasan :
Pengurangan ada tanda kurung maka harus didahulukan
326 + (-352) × 45 : {(-166) – (-286)} = ....
326 + {(-352) × 45} : {(-166) – (-286)} = 326 + (-15.840) : {(-166)} + 286}
                                                                 = 326 + {(-15.840) : 120}
                                                                 = 326 + (-132)
                                                                 = 194
Contoh soal 9
{(-1.557) – (-2.357)} : 25 × {255 + (-230)} = ....

Pembahasan :
Pengurangan dan penjumlahan ada tanda kurung maka harus didahulukan
{(-1.557) – (-2.357)} : 25 × {255 + (-230)} = ....
{(-1.557) + 2.357} : 25 × {255 + (-230)} = 800 : 25 x (-5)
                                                                 = 32 x (-5)
                                                                 = -160

Contoh soal 10                                                             
(-24) × {(-138) + 176} : {(-582) – (-658)} = ....

Pembahasan :
Penjumlahan dan pengurangan ada tanda kurung maka harus didahulukan
(-24) × {(-138) + 176} : {(-582) – (-658)} = (-24) x 38 : {(-582) + 658}
                                                                    = -912 : (-76)
                                                                    = 12

 ternyata masih banyak yang galau dengan bahan operasi hitung adonan Contoh Soal Matematika Kelas 6 Bab Operasi Hitung Campuran

Jika ingin melihat file orisinil ihwal Operasi Hitung Campuran dengan tampilan yang rapi sekaligus untuk mendownload referensi soal di atas sebagai perhiasan referensi mencar ilmu di rumah, berikut ini linknya ↓

Contoh Soal Matematika Kelas 6 Bab Operasi Hitung Campuran plus Pembahasan

Nah, kalau yang di bawah ini yaitu soal dongeng yang berkaitan dengan operasi hitung campuran. Soal dongeng matematika ibarat ini sering keluar pada ketika Ujian Nasional.

Soal Cerita Matematika Kelas 6 Bab Operasi Hitung Campuran

Bagaimana? Sekarang sudah benar-benar paham kan? Semoga dengan adanya 10 Contoh Soal Matematika Kelas 6 Bab Operasi Hitung Campuran ini sedikit banyak sanggup menambah wawasan kita semua.

Popular posts from this blog

Soal Uas 2 / Ukk Matematika Kelas 5 Plus Kunci Jawaban

Berikut ini yaitu pola latihan soal UAS 2 / ulangan kenaikan kelas (UKK) mata pelajaran Matematika untuk adik-adik yang duduk di dingklik sekolah dasar kelas 5. I. Berilah tanda silang (x) pada abjad a, b, c, atau d di depan tanggapan yang paling benar  ! 1. 367.234 - 77 x 15 + 17.594 : (-38) = .... a. 326.526 b. 348.616 c. 351.116 d. 365.646 2. Pengerjaan (29 x 32) x 16 = 29 x (32 x 16) merupakan pengerjaan hitung memakai sifat .... a. komutatif b. asosiatif c. distributif d. inisiatif 3. Bilangan 453 jikalau dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi .... a. 400 b. 450 c. 460 d. 500 4. FPB dari 75, 90, dan 105 yaitu .... a. 5 b. 7 c. 15 d. 25 5. 180 m + 46 cm - 38 m = .... cm a.  264 b.  1884 c. 18.084 d. 18.840 6.√625 x 6² = .... a. 660 b. 661 c. 662 d. 665 6.  Nilai 80% dari Rp 600.000,00 yaitu .... a. Rp 420.000,00 b. Rp 450.000,00 c. Rp 460.000,00 d. Rp 480.000,00 7. 9/25 = .... Pecahan di atas jikalau diubah...

Pembagian Susun (Porogapit) Untuk Anak Kelas 3 Sd

Artikel ini aku tulis berdasarkan ajakan sobat blogger yang kesulitan mengajarkan pembagian kepada adiknya yang duduk di dingklik kelas 3 SD. Sebenarnya bukan kakaknya yang tidak bisa mengajari adiknya, kesulitan ada pada adiknya yang gagal paham. Begini ya prend, mengajari anak Matematika khususnya pembagian itu membutuhkan kesabaran. Proses pembelajaran yang lebih serius dimulai saat anak sudah duduk di dingklik kelas 3 SD  yang mana anak harus berpindah proses dari banyak bermainnya saat berguru menjadi lebih fokus kepada pelajaran. Untuk mengajarkan pembagian pada tingkat lanjut, anak harus mengenal dulu konsep pembagian yang tentunya sudah dipelajari sebelumnya. Ketika masih duduk di dingklik kelas 2 SD, siswa dikenalkan bahan dasar ihwal perkalian dan pembagian. Jika perkalian yaitu penjumlahan berulang, pembelajaran selanjutnya siswa akan berguru mengenai pembagian sebagai pengurangan berulang. Konsep perkalian Dalam perkalian yang merupakan penjumlahan berulang memp...

Cara Gampang Menghitung Perkalian Dua Digit

Assalamualaikum... Hallo guys, jumpa lagi dengan nih. Sudah usang ya saya tidak update artikel di blog kesayangan ini. Langsung saja pada pada dasarnya OK ! Belajar Perkalian Dua Digit Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak mencar ilmu perkalian dua digit untuk pemula. Mengapa saya menyebutnya pemula? Seperti yang kita ketahui, perkalian merupakan salah satu dari empat operasi dasar aritmatika sebagai penjumlahan berulang. Perkalian yakni operasi hitung Matematika dengan cara mengalikan satu angka dengan angka yang lainnya. Dan ketika ini, pelajaran perkalian sudah mulai diajarkan kepada anak kelas 2 sekolah dasar yang artinya belum dewasa ini yakni pemula alasannya yakni mereka gres mengenal perkalian. Pelajaran perkalian untuk kelas 2 SD yakni perkalian dasar satu digit yang masih sanggup dikatakan gampang dan rata-rata anak sudah hampir menguasainya contohnya 4 x 5. Selanjutnya anak dikenalkan perkalian dua digit dengan satu digit angka contohnya 12 x 8. Dan ketika...