Skip to main content

Soal Uts/ Pts Matematika Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Berikut ini yaitu pola soal UTS/PTS (penilaian Tengah Semester) mata pelajaran Matematika untuk kelas 6 semester 1 terbaru kurikulum 2013 revisi 2018. Soal sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga soal UTS/PTS Matematika kelas 6 semester 1 ini sanggup dijadikan rujukan untuk berguru khususnya adik-adik kelas 6 guna persiapan diri menghadapi Penilaian Tengah Semester (UTS/PTS) 1

Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta Matematika Kurikulum 2013

 Soal sudah dilengkapi dengan kunci tanggapan Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta Matematika Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018
I. Berilah tanda silang (x) pada aksara a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !

1. Lambang bilangan -27 dibaca ....
a. dua tujuh
b. nyata dua puluh tujuh
c. negatif dua tujuh
d. negatif dua puluh tujuh

2. Lambang bilangan lingkaran negatif lima puluh delapan yaitu ....
a. +58
b. 58
c. -58
d. 508

3. Bilangan terbesar dari bilangan -7, 1, -9, -12, -6 yaitu ....
a. -12
b. -9
c. 1
d. -6

4. Enam satuan dari sebelah kiri titik 0 yaitu ....
a. 6
b. 5
c. -6
d. -7

5. Perhatikan gambar berikut!
 Soal sudah dilengkapi dengan kunci tanggapan Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta Matematika Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Bilangan yang benar untuk mengisi a, b, dan c yaitu ....
a. -1, 0, 1
b. -1, 1, 2
c. -2, -1, 1
d. -2, -1, 0

6. Bilangan lingkaran yang terletak di antara -1 dan 1 adalah.
a. 2
b. 0
c. 1
d. -2

7. Perhatikan gambar berikut ini !
 Soal sudah dilengkapi dengan kunci tanggapan Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta Matematika Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Kalimat penjumlahan dari garis bilangan di atas yaitu ....
a. 7 + (-2) = -2
b. 2 + 5 = 7
c. 7 + 9 = -2
d. (-2) + 9 = 7

8. Hasil dari -18 + 30 yaitu ....
a. -12
b. 12
c. 15
d. 35

9. Hasil dari -48 - 23 yaitu ....
a. -25
b. 25
c. -71
d. 71

10. Hasil dari -56 - (-18) yaitu ....
a. 74
b. -74
c. -38
d. 38

11. 42- (-25) = n. Nilai n yaitu ....
a. -17
b. 17
c. 67
d. -67

12. Hasil dari 65 + (-87) yaitu ....
a. -22
b. 152
c. 22
d. -152

13. Diketahui a = -3 dan b = 1
Nilai 2 x (a + b) yaitu ....
a. 4
b. -8
c. -4
d. 8

14. Enam satuan ke kiri dari titik 3 pada garis bilangan mengatakan angka ....
a. 9
b. 3
c. -3
d. -4

15. Hasil dari 3 x (-38) yaitu ....
a. 114
b. -114
c. 124
d. -124

16. (-10) : 2 + 15 - (-25) = ....
a. 30
b. -15
c. 35
d. -10

17. Hasil operasi hitung 3 x (-12) + (-15) : 3 yaitu ....
a. -41
b. -31
c. 41
d. 31

18. (121 + 23) : 24 – 6 = ....
a. 0
b. 2
d. 8
d. 12

19. Nilai dari 105 x 78 + 3.250 yaitu ....
a. 10.640
b. 11.240
c. 11.440
d. 11.640

20. Hasil dari 6 x (575 + 425) : 12 yaitu ....
a. 300
b. 400
c. 500
d. 600

21. 38 x (14 + 18) = (38 x 14) + (38 x 18)
Sifat pengerjaan hitung yang dipakai yaitu ....
a. komunikatif
b. distributif
c. komutatif
d. asosiatif

22. Nilai untuk n jikalau (8 x 6 ) + (8 x 9) = 8 x n
Nilai yang benar untuk n yaitu ....
a. 15
b. 48
c. 54
d. 72

23. Hasil dari 6 x (745 + 255) : 20 yaitu ....
a. 200
b. 300
c. 400
d. 500

24. 412 x 235 = 235 x 412
Sifat pengerjaan hitung yang dipakai yaitu ....
a. komunikatif
b. distributif
c. komutatif
d. asosiatif

25. 115 – (14 x 3) : 7 = ....
a. 68
b. 92
c. 106
d. 109

II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tanggapan yang tepat!

1. Hasil dari 30 + (-5) x (-3) yaitu ............................................................................
2. Hasil dari -54 - (-12) + 18 yaitu ..............................................................................
3. Hasil dari 85 + 40 : 5 x 8 yaitu .................................................................................
4. 35 - 36 + (-12 - 8) = n, nilai n yang sempurna yaitu ..........................................................
5. 63 : (-9) + (-2) x 3 = n, nilai n yang sempurna yaitu ..........................................................
6. Nilai dari (187 + 125) : 26 – 8 = ...................................................................................
7. Hasil dari 135 x 35 – 2.565 yaitu .................................................................................
8. Tiga ratus delapan puluh enam ribu empat ratus tujuh puluh tiga ditulis ....................
9. 68 x (34 + 41) = (34 + 41) x n, n = ................................................................................
10. 620 x 3 – 270 + 3 + 350 = ...........................................................................................

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang terperinci !

1. Sebuah termometer mengatakan suhu 25°C, sehabis beberapa ketika dicelupkan ke dalam air es, pada termometer terjadi penurunan suhu sebesar 15°C. Berapa suhu yang ditunjukkan termometer tersebut?
Jawab: .....................................................................................................................................................................................................

2. Budi mula-mula berada di lantai 8 suatu gedung, lalu ia naik 2 lantai untuk menemui temannya, lalu turun 5 lantai. Berada di lantai berapa Budi sekarang?
Jawab: .....................................................................................................................................................................................................

3. Pada suatu permainan, jikalau menang menerima skor 2, kalah menerima skor -1, dan seri menerima nilai 0. Suatu tim telah mengikuti 12 permainan dengan 7 kali menang, 4 kali kalah, dan 1 kali seri. Berapa nilai yang diperoleh tim tersebut?
Jawab: .....................................................................................................................................................................................................

4. Bu Hanik mempunyai persediaan 240 buku tulis. la membeli lagi 12 lusin buku tulis. Buku tersebut dibagikan kepada 6 kawasan panti asuhan dengan jumlah yang sama. Berapa banyak buku yang diterima setiap panti asuhan?
Jawab: .....................................................................................................................................................................................................

5. Banyak murid kelas VI yaitu 40 siswa. Bapak guru akan membagikan pensil kepada murid-murid tersebut masing-masing 3 batang. Berapa kotak pensil yang harus disediakan jikalau setiap kotak berisi 12 batang pensil?
Jawab: .....................................................................................................................................................................................................

Jika ingin mendownload soal, berikut ini linknya ⇩

Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta Matematika Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Kunci Jawaban Room I

1. d. negatif dua puluh tujuh
2. c. -58
3. c. 1
4. c. -6
5. c. -2, -1, 1
6. b. 0
7. c. 7 + (-9) = -2
8. b. 12
9. c. -71
10. c. -38
11. c. 67
12. a. -22
13. c. -4
14. c. -3
15. b. -114
16. c. 35
17. a. -41
18. a. 0
19. c. 11.440
20. c. 500
21. b. distributif
22. a. 15
23. b. 300
24. c. komutatif
25. d. 109

Kunci Jawaban Room II

1. 45
2. -24
3. 149
4. -21
5. -13
6. 4
7. 2.160
8. 386.473
9. 68
10. 1.943

Kunci Jawaban Room III

1. 10°C
2. lantai 5
3. 10
4. 64 buku
5. 10 kotak pensil
Note : Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta Matematika Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yaitu konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasih
Itulah Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta Matematika Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang sanggup aku bagikan. Semoga bermanfaat.
NB :
Sekedar info, tahun pemikiran 2018/2019 sama ibarat tahun-tahun sebelumnya. USBN masih memakai KTSP dengan mengujikan 3 mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, IPA, Matematika. "Jika ada informasi terbaru berkaitan dengan USBN, segera aku update".

Pengalaman tahun pemikiran 2017/2018 kemarin, sekolah yang sudah memakai K13, mau tidak mau harus kebut berguru selama satu bulan untuk mempelajari KTSP guna persiapan USBN.

Agar tidak terjadi kerancuan, Sekolah Berstandar Internasional (SBI) pun yang biasanya memakai Cambridge International Baccalaureate Program, khusus kelas 6 beralih memakai KTSP.
Dan inilah pola soal Matematika Kelas 6 KTSP ⇩

Soal UTS Matematika Kelas 6 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/ 2019

Ok, silahkan pilih mana yang sesuai dengan yang dipakai di sekolah ya. KTSP apa Kurikulum 2013. Kalau aku disuruh memilih, niscaya aku lebih menentukan soal Matematika KTSP alasannya soal-soalnya lebih sulit. Tapi justru alasannya lebih sulit inilah yang akan menciptakan kita semakin maju. CMIIW

Popular posts from this blog

Pembagian Susun (Porogapit) Untuk Anak Kelas 3 Sd

Artikel ini aku tulis berdasarkan ajakan sobat blogger yang kesulitan mengajarkan pembagian kepada adiknya yang duduk di dingklik kelas 3 SD. Sebenarnya bukan kakaknya yang tidak bisa mengajari adiknya, kesulitan ada pada adiknya yang gagal paham. Begini ya prend, mengajari anak Matematika khususnya pembagian itu membutuhkan kesabaran. Proses pembelajaran yang lebih serius dimulai saat anak sudah duduk di dingklik kelas 3 SD  yang mana anak harus berpindah proses dari banyak bermainnya saat berguru menjadi lebih fokus kepada pelajaran. Untuk mengajarkan pembagian pada tingkat lanjut, anak harus mengenal dulu konsep pembagian yang tentunya sudah dipelajari sebelumnya. Ketika masih duduk di dingklik kelas 2 SD, siswa dikenalkan bahan dasar ihwal perkalian dan pembagian. Jika perkalian yaitu penjumlahan berulang, pembelajaran selanjutnya siswa akan berguru mengenai pembagian sebagai pengurangan berulang. Konsep perkalian Dalam perkalian yang merupakan penjumlahan berulang memp...

Soal Uas 2 / Ukk Matematika Kelas 5 Plus Kunci Jawaban

Berikut ini yaitu pola latihan soal UAS 2 / ulangan kenaikan kelas (UKK) mata pelajaran Matematika untuk adik-adik yang duduk di dingklik sekolah dasar kelas 5. I. Berilah tanda silang (x) pada abjad a, b, c, atau d di depan tanggapan yang paling benar  ! 1. 367.234 - 77 x 15 + 17.594 : (-38) = .... a. 326.526 b. 348.616 c. 351.116 d. 365.646 2. Pengerjaan (29 x 32) x 16 = 29 x (32 x 16) merupakan pengerjaan hitung memakai sifat .... a. komutatif b. asosiatif c. distributif d. inisiatif 3. Bilangan 453 jikalau dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi .... a. 400 b. 450 c. 460 d. 500 4. FPB dari 75, 90, dan 105 yaitu .... a. 5 b. 7 c. 15 d. 25 5. 180 m + 46 cm - 38 m = .... cm a.  264 b.  1884 c. 18.084 d. 18.840 6.√625 x 6² = .... a. 660 b. 661 c. 662 d. 665 6.  Nilai 80% dari Rp 600.000,00 yaitu .... a. Rp 420.000,00 b. Rp 450.000,00 c. Rp 460.000,00 d. Rp 480.000,00 7. 9/25 = .... Pecahan di atas jikalau diubah...

Cara Gampang Menghitung Perkalian Dua Digit

Assalamualaikum... Hallo guys, jumpa lagi dengan nih. Sudah usang ya saya tidak update artikel di blog kesayangan ini. Langsung saja pada pada dasarnya OK ! Belajar Perkalian Dua Digit Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak mencar ilmu perkalian dua digit untuk pemula. Mengapa saya menyebutnya pemula? Seperti yang kita ketahui, perkalian merupakan salah satu dari empat operasi dasar aritmatika sebagai penjumlahan berulang. Perkalian yakni operasi hitung Matematika dengan cara mengalikan satu angka dengan angka yang lainnya. Dan ketika ini, pelajaran perkalian sudah mulai diajarkan kepada anak kelas 2 sekolah dasar yang artinya belum dewasa ini yakni pemula alasannya yakni mereka gres mengenal perkalian. Pelajaran perkalian untuk kelas 2 SD yakni perkalian dasar satu digit yang masih sanggup dikatakan gampang dan rata-rata anak sudah hampir menguasainya contohnya 4 x 5. Selanjutnya anak dikenalkan perkalian dua digit dengan satu digit angka contohnya 12 x 8. Dan ketika...