Skip to main content

Soal Uts/ Pts K13 Tema 2 Kelas 3 Semester 1 Kd : Matematika

Berikut ini ialah pola soal UTS/PTS Kurikulum 2013 Tema 2 Kelas 3 Semester 1 muatan pelajaran Matematika. Soal sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga soal UTS/PTS K13 Tema 2 ini sanggup dijadikan rujukan untuk berguru khususnya adik-adik kelas 3 guna persiapan diri menghadapi Penilaian Tengah Semester (UTS/PTS) 1

Sebagaimana kita ketahui, Kurikulum 2013 mengacu pada pembelajaran tematik di mana dalam satu tema terdiri dari beberapa subtema yang memuat beberapa mata pelajaran/ kompetensi dasar. Oleh karenanya, Soal UTS/PTS Tema 2 ini sengaja saya buat sedemikian rupa yaitu dengan menampilkan per kompetensi dasar. Tujuan saya menciptakan soal UTS/PTS menyerupai ini ialah untuk menjawab keluhan para orang tua/ wali murid yang mengaku gundah dengan kurikulum 2013.

Dengan adanya soal UTS/PTS Tema 2 per mata pelajaran ini, biar berguru tematik menjadi lebih mudah. Saya juga berharap biar soal ini sanggup dijadikan sebagai rujukan berguru untuk memperkaya wawasan penerima didik sekaligus sebagai materi untuk menciptakan soal Penilaian Tengah Semester 1.

Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta Tema 2 Kelas 3 

 Soal sudah dilengkapi dengan kunci tanggapan Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta K13 Tema 2 Kelas 3 Semester 1 KD : Matematika

Kompetensi Dasar : Matematika

I. Berilah tanda silang (x) pada aksara a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
1. Hasil dari 300 + 100 = 400. Hasil dari 100 + 300 ialah ....
a. 200
b. 100
c. 300
d. 400

2. 145 + 118 = 118 + ....
a. 118
b. 125
c. 135
d. 145

3. 130 + .... = 273 + 130
a. 130
b. 100
c. 200
d. 273

4. 125 + 150 = n
150 + 120 = n
Nilai dari n ialah ....
a. 200
b. 250
c. 275
d. 280

5. a+b = b+a
Data tersebut merupakan sifat pada penjumlahan ....
a. komutatif
b. asosiatif
c. distributif
d. komunikatif

7. Arman mempunyai 115 kelereng berwarna merah dan 55 kelereng berwarna
hitam. Jumlah semua kelereng Arman ialah .... butir.
a. 160
b. 165
c. 170
d. 180

8. Seorang pedagang buah mempunyai 189 buah apel dan 426 buah mangga. Jumlah buah apel dan buah mangga tersebut ada ....
a. 600
b. 610
c. 612
d. 615

9. Di suatu kebun terdapat 2 buah pohon pepaya. Pohon pertama berbuah
56 buah dan pohon kedua berbuah 48 buah. Jumlah buuh pepaya seluruhnya ada ....
a. 100
b. 102
c. 104
d. 106

10. Pasangan komutatif dari bentuk perkalian 68 x 7 ialah ....
a. 6 x 87
b. 68 x 7
c. 7 x 86
d. 7 x 68

11. Hasil pengerjaan dari 86 x 9 ialah ....
a. 772
b. 774
c. 776
d. 778

12. Di sebuah peternakan sapi terdapat 12 kandang. Tiap sangkar berisi 5 sapi. Jumlah sapi di peternakan tersebut ada .... ekor.
a. 48
b. 50
c. 56
d. 60

13. Bayu beternak ayam, ia mempunyai 20 sangkar ayam. Setiap sangkar berisi 12 ekor.
Jumlah ayam yang dimiliki oleh Bayu ialah .... ekor.
a. 240
b. 250
c. 260
d. 270

14.
 Soal sudah dilengkapi dengan kunci tanggapan Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta K13 Tema 2 Kelas 3 Semester 1 KD : Matematika
Hasil penjumlahan menurut garis bilangan di atas ialah ....
a. 3 + 12 = 13
b. 3 + 9 = 12
c. 0 + 3 = 3
d. 0 + 12 = 12

15. Perhatikan gambar berikut !
 Soal sudah dilengkapi dengan kunci tanggapan Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta K13 Tema 2 Kelas 3 Semester 1 KD : Matematika
Bagian yang diarsir menawarkan kepingan ....
a. 1/6
b. 2/6
c. 3/6
d. 4/6

16. Sebuah semangka dibagi 5 bab sama besar. Nilai setiap bab ialah ....
a. 4/5
b. 3/5
c. 2/5
d. 1/5

17. Pembilang pada kepingan 3/8 ialah ....
a. 3
b. 8
c. 38
d. 83

18. Lambang bilangan setengah ialah ....
a. 1/2
b. 1/3
c. 2/3
d. 1/1

19. Lambang bilangan seribu dua ratus lima puluh delapan ialah ....
a. 1258
b. 12058
c. 10258
d. 120058

20. Angka 5 pada bilangan 3.529 menempati daerah ....
a. satuan
b. puluhan
c. ratusan
d. ribuan

II. Isilah titik-titik berikut dengan tanggapan yang benar !
1. 5 + 3 = 8
3 + 5 = 8
Jadi, 5 + 3 = .... + ....

2. 450 + 200 = .... + 450

3. .... + 175 = 175 + 210

4. 8 x 6 = n x 8. Nilai n ialah ....

5. 9 x b = 7 x a Nilai b dan a ialah ....

6. Angka 3 pada kepingan 2/3 disebut ....

7. Sebuah roti dibagi 8 bab yang sama besar. Satu bab roti bernilai .....

8. Pecahan tujuh per sembilan ditulis ....

9. Hasil penjumlahan 5.275 + 1.175 ialah ....

10. Hasil perkalian dari 126 x 8 ialah ....

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
1. Ibu membeli 135 butir telur ayam lalu membeli lagi 265 telur ayam. Berapa jumlah telur ayam yang dibeli ibu?
Jawab : ....................................................................................................
...........................................

2. Di atas meja terdapat 3 buah kaleng. Kaleng pertama berisi 35 butir kelereng, kaleng kedua berisi 68 butir kelereng, dan kaleng ketiga berisi 125 butir kelereng. Berapa jumlah kelereng seluruhnya ?
Jawab : ....................................................................................................
...........................................

3. Ibu mempunyai 5 piring di meja makan. Setiap piring berisi 5 kue. Berapa jumlah camilan bagus ibu seluruhnya?
Jawab : ....................................................................................................
...........................................

4. Kakak mempunyai 5 tangkai bunga. Setiap tangkai berisi 8 bunga. Berapa jumlah bunga seluruhnya ?
Jawab : ....................................................................................................
...........................................

5. Sebuah camilan bagus bolu dibagikan kepada 12 anak dengan bab yang sama besar. Tentukan kepingan yang menawarkan bab camilan bagus bolu yang diterima setiap anak!
Jawab : ....................................................................................................
...........................................

Jika ingin mendownload soal, berikut ini linknya ⇩

Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta K13 Tema 2 Kelas 3 Semester 1 KD : Matematika

Kunci Jawaban Room I

1. d. 400
2. d. 145
3. d. 273
4. c. 275
5. a. komutatif
7. c. 170
8. d. 615
9. c. 104
10. d. 7 x 68
11. b. 774
12. d. 60
13. a. 240
14. b. 3 + 9 = 12
15. b. 2/6
16. d. 1/5
17. a. 3
18. a. 1/2
19. a. 1258
20. c. ratusan

Kunci Jawaban Room II

1. 3 + 5
2. 200
3. 210
4. 6
5. b = 7, a = 9
6. penyebut
7. 1/8
8. 7/9
9. 6.450
10. 1.008

Kunci Jawaban Room III

1. 135 + 265 = 400
Makara telur ayam yang dibeli ibu sebanyak 400 butir

2. 35 + 68 + 125 = 228
Makara jumlah kelereng seluruhnya ada 228 butir.

3. 5 x 5 = 25
Makara jumlah camilan bagus ibu seluruhnya ada 25

4. 5 x 8 = 40
Makara jumlah bunga seluruhnya ada 40

5. 1/12
Note : Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta K13 Tema 2 Kelas 3 Semester 1 KD : Matematika ialah konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasih
Itulah Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta K13 Tema 2 Kelas 3 Semester 1 KD : Matematika yang sanggup saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Soal Uas 2 / Ukk Matematika Kelas 5 Plus Kunci Jawaban

Berikut ini yaitu pola latihan soal UAS 2 / ulangan kenaikan kelas (UKK) mata pelajaran Matematika untuk adik-adik yang duduk di dingklik sekolah dasar kelas 5. I. Berilah tanda silang (x) pada abjad a, b, c, atau d di depan tanggapan yang paling benar  ! 1. 367.234 - 77 x 15 + 17.594 : (-38) = .... a. 326.526 b. 348.616 c. 351.116 d. 365.646 2. Pengerjaan (29 x 32) x 16 = 29 x (32 x 16) merupakan pengerjaan hitung memakai sifat .... a. komutatif b. asosiatif c. distributif d. inisiatif 3. Bilangan 453 jikalau dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi .... a. 400 b. 450 c. 460 d. 500 4. FPB dari 75, 90, dan 105 yaitu .... a. 5 b. 7 c. 15 d. 25 5. 180 m + 46 cm - 38 m = .... cm a.  264 b.  1884 c. 18.084 d. 18.840 6.√625 x 6² = .... a. 660 b. 661 c. 662 d. 665 6.  Nilai 80% dari Rp 600.000,00 yaitu .... a. Rp 420.000,00 b. Rp 450.000,00 c. Rp 460.000,00 d. Rp 480.000,00 7. 9/25 = .... Pecahan di atas jikalau diubah...

Pembagian Susun (Porogapit) Untuk Anak Kelas 3 Sd

Artikel ini aku tulis berdasarkan ajakan sobat blogger yang kesulitan mengajarkan pembagian kepada adiknya yang duduk di dingklik kelas 3 SD. Sebenarnya bukan kakaknya yang tidak bisa mengajari adiknya, kesulitan ada pada adiknya yang gagal paham. Begini ya prend, mengajari anak Matematika khususnya pembagian itu membutuhkan kesabaran. Proses pembelajaran yang lebih serius dimulai saat anak sudah duduk di dingklik kelas 3 SD  yang mana anak harus berpindah proses dari banyak bermainnya saat berguru menjadi lebih fokus kepada pelajaran. Untuk mengajarkan pembagian pada tingkat lanjut, anak harus mengenal dulu konsep pembagian yang tentunya sudah dipelajari sebelumnya. Ketika masih duduk di dingklik kelas 2 SD, siswa dikenalkan bahan dasar ihwal perkalian dan pembagian. Jika perkalian yaitu penjumlahan berulang, pembelajaran selanjutnya siswa akan berguru mengenai pembagian sebagai pengurangan berulang. Konsep perkalian Dalam perkalian yang merupakan penjumlahan berulang memp...

Cara Gampang Menghitung Perkalian Dua Digit

Assalamualaikum... Hallo guys, jumpa lagi dengan nih. Sudah usang ya saya tidak update artikel di blog kesayangan ini. Langsung saja pada pada dasarnya OK ! Belajar Perkalian Dua Digit Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak mencar ilmu perkalian dua digit untuk pemula. Mengapa saya menyebutnya pemula? Seperti yang kita ketahui, perkalian merupakan salah satu dari empat operasi dasar aritmatika sebagai penjumlahan berulang. Perkalian yakni operasi hitung Matematika dengan cara mengalikan satu angka dengan angka yang lainnya. Dan ketika ini, pelajaran perkalian sudah mulai diajarkan kepada anak kelas 2 sekolah dasar yang artinya belum dewasa ini yakni pemula alasannya yakni mereka gres mengenal perkalian. Pelajaran perkalian untuk kelas 2 SD yakni perkalian dasar satu digit yang masih sanggup dikatakan gampang dan rata-rata anak sudah hampir menguasainya contohnya 4 x 5. Selanjutnya anak dikenalkan perkalian dua digit dengan satu digit angka contohnya 12 x 8. Dan ketika...