Skip to main content

Soal Uts Pkn Kelas 2 Semester 1 Terbaru Tahun Pedoman 2018/2019

Berikut ini yaitu pola soal UTS PKn kelas 2 semester 1 terbaru tahun pedoman 2018/2019. Soal sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga soal UTS Pkn kelas 2 semester 1 ini sanggup dijadikan acuan untuk berguru khususnya adik-adik kelas 2 guna persiapan diri menghadapi Ulangan Tengah Semester 1.

Soal UTS PKn Kelas 2 Semester 1

Berikut ini yaitu pola soal UTS PKn kelas  Soal UTS PKn Kelas 2 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019
I. Berilah tanda silang (X) pada abjad a , b, c atau d di depan balasan yang paling benar !

1. Di bawah ini merupakan perilaku yang sanggup membuat kerukunan yaitu ....
a. gotong royong
b. mengganggu adik
c. bertengkar dengan teman

2. Kegiatan gotong royong sanggup menumbuhkan ....
a. perpecahan
b. pertikaian
c. persatuan

3. Deni dan keluarganya akan berekreasi. Namun terdengar kabar ada tetangga yang meninggal. Sebaiknya perilaku Deni dan keluarganya yaitu ....
a. tetap berangkat
b. menunda rekreasi dan melayat lebih dahulu
c. menyuruh pembantu yang melayat

4. Di kelasmu ada murid baru. Dia masih malu. Ketika istirahat, ia hanya sendirian. Sebaiknya kamu...
a. mengejek alasannya tidak memiliki teman
b. mengajaknya bermain
c. membiarkannya tetap sendiri

5. Kelompok Riko sedang melaksanakan diskusi. Agar diskusi sanggup berjalan dengan lancar, mereka harus saling ....
a. memaksakan pendapat
b. merasa paling benar sendiri
c. menghargai pendapat

6. Hidup tenang dan senang sanggup tercipta kalau setiap warga sanggup hidup ....
a. kaya
b. rukun
c. berkecukupan

7. Apabila ada yang mengajukan usul, kita harus ....
a. menentang
b. mengejek
c. menghargai

8. Teman kita ada yang berkelahi. Yang sebaiknya kita lakukan yaitu ....
a. membela yang lebih kaya
b. melaporkan kepada guru
c. menuntaskan dengan musyawarah

9. Pertengkaran dalam masyarakat hendaknya harus ....
a. dihindari
b. dibiasakan
c. dikembangkan

10. Agar tercipta kehidupan yang kondusif dan damai, sebaiknya kita saling ....
a. menghibur
b. bersaing
c. menghormati

11. Dino memiliki adik. Adiknya belum sanggup naik sepeda. Adiknya meminta Dino mengajarinya. Dino sebaiknya ....
a. mengajari adiknya naik sepeda
b. mengejek adiknya
c. menyuruh adiknya berguru sendiri

12. Dengan hidup rukun, kita akan merasa ....
a. sedih
b. celaka
c. bahagia

13. Dengan sesama saudara di rumah kita harus ....
a. bertengkar
b. rukun
c. membenci

14. Agar tercipta kerukunan, maka antarteman harus saling ....
a. bersaing
b. menghargai
c. menyindir

15. Fito memegang dua potong roti. Ia memperlihatkan sepotong rotinya kepada Iwan. Iwan memperlihatkan permen yang dipegangnya kepada Fito. Yang dilakukan Fito dan Iwan memperlihatkan perilaku saling ....
a. bersaing
b. berbagi
c. memusuhi

16. Ibu guru membagikan soal ulangan. Murid-murid mengerjakan soal ulangan secara ....
a. sendiri-sendiri
b. bergantian
c. bersama-sama

17. Jika melihat ibu mencuci piring, kau sebaiknya ....
a. akal-akalan tidak tahu
b. asyik menonton televisi
c. membantu ibu mencuci piring

18. Manfaat perilaku tolong-menolong yaitu ....
a. pekerjaan yang sulit menjadi mudah
b. mengurangi harta milik kita
c. membuat kita miskin

19. Contoh perilaku tolong-menolong di sekolah yaitu ....
a. membantu mengerjakan ulangan harian
b. membantu menghabiskan uang saku teman
c. meminjami penggaris dan pensil

20. Apabila ada dua sahabat yang bermusuhan, kita harus ....
a. mendukung salah satu
b mendamaikannya
c. mengadu domba

21. Daerah Lombok terjadi tragedi gempa bumi. Sikap kita seharusnya yaitu ....
a. mengajak sahabat untuk melihat
b. ikut mengumpulkan bantuan
c. membiarkannya

22. Ada sahabat yang tidak sengaja menginjak kakimu. Sikap kau yaitu ....
a. membalasnya
b. memarahinya
c. memaafkannya

23. Rasa kerukunan sanggup kita wujudkan dengan selalu menjaga ....
a. persatuan dan kesatuan
b. perilaku egois
c. perilaku hirau tak acuh

24. Kerja bakti sangat bermanfaat untuk ....
a. membuat kerukunan
b. mencari teman
c. menambah pengetahuan

25. Mewujudkan kerukunan antarumat beragama merupakan kewajiban ....
a. setiap warga negara
b. pemuka agama
c. pihak berwajib

II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan balasan yang benar !
1. Tolong menolong perlu dibiasakan semenjak ......................................
2. Terhadap tetangga, kita harus hidup ...........................................
3. Jika ada tetangga yang sakit wajib kita .............................
4. Kepada orang renta kita harus berbicara ...............................
5. Hidup rukun sanggup membuat ............................................
6. Ardi dan Agung tidak pernah bertengkar. Mereka berdua selalu ..............................
7. Menyontek dilarang dilakukan pada dikala .........................................
8. Suka berkelahi termasuk perbuatan .......................................
9. Sikap tolong-menolong sanggup membuat ....................................
10. Kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab ...................................................

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang terang dan sempurna !
1. Sebutkan manfaat perilaku tolong-menolong!
Jawab : .............................................................................................................................
..........................................................

2. Mengapa kita harus hidup rukun?
Jawab : .............................................................................................................................
..........................................................

3. Bagaimana perilaku anak yang menghormati orang tuanya?
Jawab : .............................................................................................................................
..........................................................

4. Mengapa kita harus menaati tata tertib sekolah?
Jawab : .............................................................................................................................
..........................................................

5. Sebutkan tiga ciri keluarga yang hidup rukun!
Jawab : .............................................................................................................................
..........................................................

Jika ingin mendownload soal, berikut ini linknya ⇩

Soal UTS PKn Kelas 2 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019

Kunci Jawaban Room I

1. a. gotong royong
2. c. persatuan
3. b. menunda rekreasi dan melayat lebih dahulu
4. b. mengajaknya bermain
5. c. menghargai pendapat
6. b. rukun
7. c. menghargai
8. c. menuntaskan dengan musyawarah
9. a. dihindari
10. c. menghormati
11. a. mengajari adiknya naik sepeda
12. c. bahagia
13. b. rukun
14. b. menghargai
15. b. berbagi
16. a. sendiri-sendiri
17. c. membantu ibu mencuci piring
18. a. pekerjaan yang sulit menjadi mudah
19. c. meminjami penggaris dan pensil
20. b mendamaikannya
21. b. ikut mengumpulkan bantuan
22. c. memaafkannya
23. a. persatuan dan kesatuan
24. a membuat kerukunan
25. b. pemuka agama

Kunci Jawaban Room II

1. dini
2. rukun
3. jenguk
4. santun
5. kebahagiaan dan kedamaian
6. rukun
7. ulangan
9. kerukunan
10. semua warga

Kunci Jawaban Room III
1. pekerjaan menjadi lebih ringan, mempererat tali persaudaraan, mempererat kerukunan
2. semoga tercipta kehidupan yang damai
3. patuh, kalau dinasihati tidak membantah, berbicara lemah lembut
3. semoga proses belajat mengajar menjadi lancar
5. tidak suka bertengkar, kalau ada problem dimusyawarahkan, saling membantu
Note : Soal UTS PKn Kelas 2 Semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019 yaitu konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasih
Itulah Soal UTS PKn Kelas 2 Semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019 plus Kunci Jawaban yang sanggup saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Soal Uas 2 / Ukk Matematika Kelas 5 Plus Kunci Jawaban

Berikut ini yaitu pola latihan soal UAS 2 / ulangan kenaikan kelas (UKK) mata pelajaran Matematika untuk adik-adik yang duduk di dingklik sekolah dasar kelas 5. I. Berilah tanda silang (x) pada abjad a, b, c, atau d di depan tanggapan yang paling benar  ! 1. 367.234 - 77 x 15 + 17.594 : (-38) = .... a. 326.526 b. 348.616 c. 351.116 d. 365.646 2. Pengerjaan (29 x 32) x 16 = 29 x (32 x 16) merupakan pengerjaan hitung memakai sifat .... a. komutatif b. asosiatif c. distributif d. inisiatif 3. Bilangan 453 jikalau dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi .... a. 400 b. 450 c. 460 d. 500 4. FPB dari 75, 90, dan 105 yaitu .... a. 5 b. 7 c. 15 d. 25 5. 180 m + 46 cm - 38 m = .... cm a.  264 b.  1884 c. 18.084 d. 18.840 6.√625 x 6² = .... a. 660 b. 661 c. 662 d. 665 6.  Nilai 80% dari Rp 600.000,00 yaitu .... a. Rp 420.000,00 b. Rp 450.000,00 c. Rp 460.000,00 d. Rp 480.000,00 7. 9/25 = .... Pecahan di atas jikalau diubah...

Pembagian Susun (Porogapit) Untuk Anak Kelas 3 Sd

Artikel ini aku tulis berdasarkan ajakan sobat blogger yang kesulitan mengajarkan pembagian kepada adiknya yang duduk di dingklik kelas 3 SD. Sebenarnya bukan kakaknya yang tidak bisa mengajari adiknya, kesulitan ada pada adiknya yang gagal paham. Begini ya prend, mengajari anak Matematika khususnya pembagian itu membutuhkan kesabaran. Proses pembelajaran yang lebih serius dimulai saat anak sudah duduk di dingklik kelas 3 SD  yang mana anak harus berpindah proses dari banyak bermainnya saat berguru menjadi lebih fokus kepada pelajaran. Untuk mengajarkan pembagian pada tingkat lanjut, anak harus mengenal dulu konsep pembagian yang tentunya sudah dipelajari sebelumnya. Ketika masih duduk di dingklik kelas 2 SD, siswa dikenalkan bahan dasar ihwal perkalian dan pembagian. Jika perkalian yaitu penjumlahan berulang, pembelajaran selanjutnya siswa akan berguru mengenai pembagian sebagai pengurangan berulang. Konsep perkalian Dalam perkalian yang merupakan penjumlahan berulang memp...

Cara Gampang Menghitung Perkalian Dua Digit

Assalamualaikum... Hallo guys, jumpa lagi dengan nih. Sudah usang ya saya tidak update artikel di blog kesayangan ini. Langsung saja pada pada dasarnya OK ! Belajar Perkalian Dua Digit Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak mencar ilmu perkalian dua digit untuk pemula. Mengapa saya menyebutnya pemula? Seperti yang kita ketahui, perkalian merupakan salah satu dari empat operasi dasar aritmatika sebagai penjumlahan berulang. Perkalian yakni operasi hitung Matematika dengan cara mengalikan satu angka dengan angka yang lainnya. Dan ketika ini, pelajaran perkalian sudah mulai diajarkan kepada anak kelas 2 sekolah dasar yang artinya belum dewasa ini yakni pemula alasannya yakni mereka gres mengenal perkalian. Pelajaran perkalian untuk kelas 2 SD yakni perkalian dasar satu digit yang masih sanggup dikatakan gampang dan rata-rata anak sudah hampir menguasainya contohnya 4 x 5. Selanjutnya anak dikenalkan perkalian dua digit dengan satu digit angka contohnya 12 x 8. Dan ketika...