Skip to main content

Soal Uas/ Pas Tema 3 Ips Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2018

Tema 3 Kelas 4 ini wacana "Peduli terhadap Makhluk Hidup". Dan berikut ini yaitu rujukan Soal UAS/ PAS Tema 3 IPS Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2018. Soal sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga soal UAS/PAS K13 Tema 3 muatan pelajaran IPS ini sanggup dijadikan referensi untuk mencar ilmu khususnya adik-adik kelas 4 guna persiapan diri menghadapi Penilaian Akhir Semester (UAS/PAS) 1

Soal UAS/ PAS Tema 3

 Soal sudah dilengkapi dengan kunci tanggapan Soal UAS/ PAS Tema 3 IPS Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2018

Kompetensi Dasar : IPS


I. Berilah tanda silang (x) pada abjad a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
1. Di setiap tempat mempunyai potensi sumber daya alam yang .....
a. sama
b. berbeda
c. terbatas
d. sedikit

2. Aktivitas ekonomi di tempat pegunungan yaitu ....
a. bercocok tanam
b. berkebun
c. mencari ikan
d. berdagang

3. Menanam sayur-sayuran, menyerupai kol, wortel, dan buncis biasanya dilakukan oleh penduduk yang tinggal di tempat sekitar ....
a. lembah
b. danau
c. pegunungan
d selat

4. Daerah yang berada di sepanjang tepian maritim disebut ....
a. dataran tinggi
b. dataran rendah
c. pegunungan
d. pantai

5. Berikut ini yang bukan termasuk hasil tumbuhan dari perjuangan pertanian yaitu ....
a. padi
b. jagung
c. karet
d. sayur mayur

6. Hewan yang kulitnya untuk materi baku pakaian atau tas yaitu ....
a. buaya
b. kadal
c. bunglon
d. ulat

7. Hewan yang membantu penyerbukan tumbuhan yaitu ....
a. ulat
b. cacing
c. elang
d. kupu-kupu

8. Aliran air besar alami yang mengalir dari tempat hulu ke hilir disebut ....
a. laut
c. danau
b. sungai
d. telaga

9. Genangan air alami yang sangat luas dan dikelilingi daratan disebut ....
a. laut
b. sungai
c. danau
d. telaga

10. Ikan lele merupakan jenis ikan yang hidup pada ....
a. air laut
b. air tawar
c. air asın
d. air keruh

11. Tumbuhan yang dimanfaatkan untuk kesehatan disebut ....
a. tumbuhan bakau
b. tumbuhan obat
c. tumbuhan pegunungan
d. tumbuhan hijau

12. Salah satu cara yang sanggup dilakukan untuk melestarikan binatang konsumsi yaitu ....
a. memburunya
b. memasaknya
c. mengawetkannya
d. membudidayakannya

13. Pohon yang sanggup dimanfaatkan getahnya yaitu ....
a. damar
c. kelapa
d. beringin
b. jati

14. Banyaknya jumlah pohon sanggup menambah pasokan .... di udara.
a. debu
b. karbon monoksida
c. oksigen
d. polusi

15. Cumi-cumi yaitu makhluk hidup yang sanggup hidup di ....
a. laut
b. sungai
c. pasir
d. tambak

16. Perhatikan daftar tanaman-tanaman di bawah ini!
(1) Kopi.
(2) Tebu.
(3) Teh.
(4) Kelapa sawit.
(5) Cokelat

Berdasarkan daftar tumbuhan di atas, tumbuhan yang cocok ditanam di daerah
dataran tinggi ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1). (2), dan (3)
b. (1). (3), dan (5)
c. (2), (3), dan (4)
d. (3). (4), dan (5)

17. Mata pencaharian masyarakat Indonesia sebagian besar di bidang ....
a. perdagangan
b. perindustrian
c. perikanan
d. pertanian


18. Berikut yang bukan manfaat dari tempat dataran rendah yaitu sebagai ....
a. lahan pertanian
b. perumahan
c. pariwisata
d. perkantoran

19. Salah satu manfaat sungai di Kalimantan yaitu dipakai sebagai ....
a. pembangkit listrik
b. pengairan sawah
c. sarana transportasi
d. pengembangbiakan bibit ikan

20. Contoh tumbuhan uang hidup di rawa yaitu ....
a. bakau dan eceng gondok
b. pohon pinus dan tebu
c. tembakau dan kedelai
d. padi dan jagung

II. Isilah titik-titik berikut dengan tanggapan yang benar !
1. Aktivitas ekonomi masyarakat suatu tempat sangat bergantung pada .......
2. Salah satu hasil dari pertanian dengan sistem  menggarap sawah yaitu .................
3. Bandeng dan udang yaitu rujukan hasil perikanan .................
4. Contoh kegiatan ekonomi masyarakat di perkotaan yaitu ...................
5. Aktivitas ekonomi dengan bertani garam dilakukan masyarakat di tempat .............
6. Ikan nila merupakan jenis ikan yang dimanfaatkan insan untuk ......................
7. Tempat hidup makhluk hidup disebut ........................
8. Pemanfaatan sumber daya alam harus dilakukan secara ...................
9. Ikan tidak sanggup hidup di darat alasannya yaitu ..............................
10. Tuna merupakan jenis ikan yang hidup di air ..............................
11. Sumber daya alam yang benar ialah dengan menggunakannya secara .........
12. Nelayan tidak diperbolehkan menangkap ikan dengan memakai zat kimia alasannya yaitu ..........................................
13. Tempat hidup orisinil harimau yaitu ..................................................
14. Setelah menebang pohon sebaiknya ...........................................
15. lkan lele merupakan ikan yang sanggup dimanfaatkan untuk .................................
16. Mata pencaharian penduduk desa sebagian besar di bidang ............
17. Kelapa sawit cocok ditanam di tempat ......................................
18. Dengan dukungan sinar matahari air maritim sanggup diubah menjadi ............................
19. Wilayah teluk sangat cocok dipakai untuk ........................................
20. Orang yang pekerjaannya menanam padi di sawah disebut ..........................

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
1. Apa tujuan kegiatan ekonomi?
Jawab : .................................................................................................................
..................................................

2. Jelaskan perbedaan perikanan darat dengan perikanan maritim !
Jawab : .................................................................................................................
..................................................

3. Sebutkan rujukan hasil dari perkebunan!
Jawab : .................................................................................................................
..................................................

4. Sebutkan rujukan hasil hutan!
Jawab : .................................................................................................................
..................................................

5. Sebutkan tanaman-tanaman yang cocok ditanam di dataran tinggi !
Jawab : .................................................................................................................
..................................................

6. Mengapa insan harus memanfaatkan sumber daya alam secara bijak?
Jawab : .................................................................................................................
..................................................

7. Jelaskan yang dimaksud dengan laut!
Jawab : .................................................................................................................
..................................................

8. Jelaskan karakteristik tempat hidup ikan patin!
Jawab : .................................................................................................................
..................................................

9. Sebutkan 5 jenis ikan air tawar yang dimanfaatkan untuk dikonsumsi !
Jawab : .................................................................................................................
..................................................

10. Bagaimana cara memanfaatkan kulit kerang?
Jawab : .................................................................................................................
..................................................

11. Jelaskan wacana binatang konsumsi!
Jawab : .................................................................................................................
..................................................

12. Sebutkan tiga manfaat flora bagi manusia!
Jawab : .................................................................................................................
..................................................

13. Mengapa kita harus bijaksana dalam memanfaatkan sumber daya alam?
Jawab : .................................................................................................................
..................................................

14. Sebutkan dua jenis pohon yang sanggup dimanfaatkan getahnya!
Jawab : .................................................................................................................
..................................................

15. Sebutkan dua jenis flora yang bermanfaat bagi kesehatan!
Jawab : .................................................................................................................
..................................................

16. Apa manfaat yang sanggup diperoleh dari sungai?
Jawab : .................................................................................................................
..................................................

17. Sebutkan manfaat yang sanggup diperoleh dari laut!
Jawab : .................................................................................................................
..................................................

18. Mengapa masyarakat pesisir pantai biasanya bekerja sebagai nelayan ?
Jawab : .................................................................................................................
..................................................

19. Sebutkan manfaat waduk bagi kehidupan manusia!
Jawab : .................................................................................................................
..................................................

20. Mengapa tempat lembah sangat cocok dipakai untuk perjuangan pertanian?
Jawab : .................................................................................................................
..................................................

Kunci Jawaban Room I

1. b. berbeda
2. a. bercocok tanam
3. c. pegunungan
4. d. pantai
5. c. karet
6. a. buaya
7. d. kupu-kupu
8. b. sungai
9. c. danau
10. b. air tawar
11. b. tumbuhan obat
12. d. membudidayakannya
13. a. damar
14. c. oksigen
15. a. laut
16. b. (1). (3), dan (5)
17. d. pertanian
18. d. perkantoran
19. c. sarana transportasi
20. a. bakau dan eceng gondok

Kunci Jawaban Room II

1. letak geografis, sumber daya alamnya, dan sumber daya manusianya
2. padi, jagung, palawija
3. tambak / air payau
4. perdagangan, perkantoran, perindustrian
5. pesisir pantai
6. lauk
7. habitat
8. bijaksana
9. alat pernapasan ikan yaitu insang, bukan paru-paru
10. asin / laut
11. bijaksana
12. biasa membunuh ikan kecil-kecil dan merusak habitat ikan
13. hutan
14. menanam kembali / reboisasi
15. lauk
16. pertanian
17. beriklim tropis
18. garam
19. pelabuhan
20. petani

Kunci Jawaban Room III

1. untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia
2. Perikanan darat yaitu kegiatan pemeliharaan ikan di air tawar contohnya kolam, danau, empang
perikanan maritim yaitu kegiatan pemeliharaan ikan di air asin contohnya keramba, tambak
3. karet, kopi, cokelat
4. kayu, oksigen
5. teh, apel, wortel
6. semoga kelestariannya tetap terjaga
7. maritim yaitu genangan air asin yang sangat luas
8. ikan patin yaitu ikan yang hidup di air tawar
9. ikan mujair, ikan lele, ikan wader, ikan sepat, ikan gurami
10. kulit kerang sanggup dimanfaatkan untuk menciptakan kerajinan
11. binatang yang sanggup bisa jadikan lauk pauk untuk dimakan
12. penghasil oksigen, untuk dikonsumsi, untuk peneduh
13. semoga sumber daya alam tidak cepat habis
14. karet, damar
15. kunyit, kencur
16. untuk mandi, mencuci baju, mengairi sawah
17. sebagai jalur transportasi, sumber mineral. sumber penghasilan nelayan
18. alasannya yaitu tinggal di bersahabat pantai sehingga nereka menentukan pekerjaan sebagai nelayan
19. untuk mengairi sawah, untuk memelihara ikan, untuk PLTA
20. alasannya yaitu tanahnya sangat subur

Download Soal UAS/ PAS Tema 3 IPS Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2018 plus Kunci Jawaban 
Note : Soal UAS/ PAS Tema 3 IPS Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2018 yaitu konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasih
Itulah Soal UAS/ PAS Tema 3 IPS Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2018 yang sanggup saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Soal Uas 2 / Ukk Matematika Kelas 5 Plus Kunci Jawaban

Berikut ini yaitu pola latihan soal UAS 2 / ulangan kenaikan kelas (UKK) mata pelajaran Matematika untuk adik-adik yang duduk di dingklik sekolah dasar kelas 5. I. Berilah tanda silang (x) pada abjad a, b, c, atau d di depan tanggapan yang paling benar  ! 1. 367.234 - 77 x 15 + 17.594 : (-38) = .... a. 326.526 b. 348.616 c. 351.116 d. 365.646 2. Pengerjaan (29 x 32) x 16 = 29 x (32 x 16) merupakan pengerjaan hitung memakai sifat .... a. komutatif b. asosiatif c. distributif d. inisiatif 3. Bilangan 453 jikalau dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi .... a. 400 b. 450 c. 460 d. 500 4. FPB dari 75, 90, dan 105 yaitu .... a. 5 b. 7 c. 15 d. 25 5. 180 m + 46 cm - 38 m = .... cm a.  264 b.  1884 c. 18.084 d. 18.840 6.√625 x 6² = .... a. 660 b. 661 c. 662 d. 665 6.  Nilai 80% dari Rp 600.000,00 yaitu .... a. Rp 420.000,00 b. Rp 450.000,00 c. Rp 460.000,00 d. Rp 480.000,00 7. 9/25 = .... Pecahan di atas jikalau diubah...

Pembagian Susun (Porogapit) Untuk Anak Kelas 3 Sd

Artikel ini aku tulis berdasarkan ajakan sobat blogger yang kesulitan mengajarkan pembagian kepada adiknya yang duduk di dingklik kelas 3 SD. Sebenarnya bukan kakaknya yang tidak bisa mengajari adiknya, kesulitan ada pada adiknya yang gagal paham. Begini ya prend, mengajari anak Matematika khususnya pembagian itu membutuhkan kesabaran. Proses pembelajaran yang lebih serius dimulai saat anak sudah duduk di dingklik kelas 3 SD  yang mana anak harus berpindah proses dari banyak bermainnya saat berguru menjadi lebih fokus kepada pelajaran. Untuk mengajarkan pembagian pada tingkat lanjut, anak harus mengenal dulu konsep pembagian yang tentunya sudah dipelajari sebelumnya. Ketika masih duduk di dingklik kelas 2 SD, siswa dikenalkan bahan dasar ihwal perkalian dan pembagian. Jika perkalian yaitu penjumlahan berulang, pembelajaran selanjutnya siswa akan berguru mengenai pembagian sebagai pengurangan berulang. Konsep perkalian Dalam perkalian yang merupakan penjumlahan berulang memp...

Cara Gampang Menghitung Perkalian Dua Digit

Assalamualaikum... Hallo guys, jumpa lagi dengan nih. Sudah usang ya saya tidak update artikel di blog kesayangan ini. Langsung saja pada pada dasarnya OK ! Belajar Perkalian Dua Digit Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak mencar ilmu perkalian dua digit untuk pemula. Mengapa saya menyebutnya pemula? Seperti yang kita ketahui, perkalian merupakan salah satu dari empat operasi dasar aritmatika sebagai penjumlahan berulang. Perkalian yakni operasi hitung Matematika dengan cara mengalikan satu angka dengan angka yang lainnya. Dan ketika ini, pelajaran perkalian sudah mulai diajarkan kepada anak kelas 2 sekolah dasar yang artinya belum dewasa ini yakni pemula alasannya yakni mereka gres mengenal perkalian. Pelajaran perkalian untuk kelas 2 SD yakni perkalian dasar satu digit yang masih sanggup dikatakan gampang dan rata-rata anak sudah hampir menguasainya contohnya 4 x 5. Selanjutnya anak dikenalkan perkalian dua digit dengan satu digit angka contohnya 12 x 8. Dan ketika...