Skip to main content

Soal Uas/ Pas K13 Kelas 6 Semester 1 Tema 3 Sbdp

Berikut ini ialah pola Soal UAS/ PAS K13 Kelas 6 Semester 1 Tema 3 muatan pelajaran SBdP. Soal sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga soal UAS/PAS K13 Tema 3 muatan pelajaran SBdP ini sanggup dijadikan rujukan untuk mencar ilmu khususnya adik-adik kelas 6 guna persiapan diri menghadapi Penilaian Akhir Semester (UAS/PAS) 1

Soal UAS/ PAS Tema 3 Kelas 6


 Soal sudah dilengkapi dengan kunci tanggapan Soal UAS/ PAS K13 Kelas 6 Semester 1 Tema 3 SBdP

Muatan Pelajaran : SBdP


I. Berilah tanda silang (x) pada karakter a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
1. Fungsi simbol pada teks lagu ialah semoga ....
a. indah didengar
b. gampang dinyanyikan
c. cara membaca sanggup sama bagi semua orang
d. seimbang

2. Tangga nada musik tempat Nusantara didominasi tangga nada ....
a. pentatonis
b. mayor
c. minor
d. diatonis

3. Diatonis artinya ....
a. 4 nada
b. 5 nada
c. 6 nada
d. 7 nada

4. Lagu Soleram berasal dari tempat ....
a. Riau
b. Kepulauan Riau
c. Aceh
d. Papua

5. Perpaduan nada-nada melodi dengan pola ritme yang selaras merupakan pengertian dari ....
a. ritme
b. harmoni
c. timbre
d. melodi

6. Interval nada dari nada ke satu ke nada ketiga disebut ....
a. sekt
b. prim
c. terts
d. quart

7. Berikut yang bukan merupakan alat musik melodis ialah ....
a. pianika
b. kolintang
c. angklung
d. drum

8. Nada do - re berjarak
a. 2
b. 1
c. 1/2
d. 1/4

9. Nada mi - fa berjarak ....
a. 2
b. 1
c. 1/2
d. 1/4

10. Nada do - mi berjarak..
a. 2
b. 1
c. 1/2
d. 1/4

11. Jarak antar nada satu dengan nada lain disebut ....
a. tempo
b. melodi
c. birama
d. interval nada

12. Lagu Ampar Ampar Pisang berasal dari tempat ....
a. Sumatra Utara
b. Kalimantan Selatan
c. Kalimantan Timur
d. Sulawesi Tenggara

13. Jarak interval 2 mempunyai nama ....
a. Terts
b. Kuarts
c. Prime
d. Sekon

14. Alat musik yang tidak mempunyai nada disebut alat musik ....
a. ritmis
b. diatonis
c. melodis
d. pentatonis

15. Satu oktaf piano terdapat.... tuts
a. 11
b. 12
c. 13
d. 14

16. Septime mempunyai jarak interval sebanyak ....
a. 3 1⁄2
b. 4 1⁄2
c. 5 1⁄2
6. 6

17. Lagu Rek Ayo Rek berasal dari tempat ....
a. Jawa Barat
c. Jawa Tengah
b. Jawa Timur
d. Jakarta

18. Berikut pola alat musik ritmis ialah ....
a. gong
b. gitar
c. piano
d. biola

19. Jumlah tuts hitam dalam satu oktaf piano ialah ....
a. 4
b. 5
c. 6
d. 7

20. Nada re - mi mempunyai jarak ....
a. 1⁄4
b. 1⁄2
c. 1
d. 2

II. Isilah titik-titik berikut dengan tanggapan yang benar !
1. Pencipta lagu "Mariam Tomong" ialah ....................................
2. Lagu "Mariam Tomong" berasal dari tempat .....................................
3. Serangkaian sejumlah nada yang disusun dan dibunyikan secara runtut dan teratur merupakan pengertian ...................
4. Lagu tempat Sumatra Barat yang menceritakan kerinduan seorang perantau akan kampung halaman ialah ...............................
5. Nada F pada tangga nada C mayor secara solmisasi dibaca ..........................
6. Jarak nada terkecil ialah .........................................................
7. Nada re - mi berjarak .....................................................
8. Nada si - la berjarak ...........................................................
9. Nada fa - la berjarak ........................................................
10. Nada re - fa berjarak ............................................................
11. Interval dari c- c’ mempunyai jarak interval sebesar ..............................
12. Tuts piano terdapat dua warna yaitu ..........................................
13. Alat musik yang dipakai sebagai pengiring lagu disebut alat musik ..............
14. Lagu Gundul-Gundul Pacul berasal dari tempat ..................................................
15. Berdasarkan ada tidaknya nada, angklung termasuk alat musik ......................
16. Jumlah tuts putih dalam satu oktaf piano ialah .................................
17. Berdasarkan ada tidaknya nada, drum termasuk alat musik ..........................
18. Jarak interval 4½ berjulukan .............................................................
19. Lagu Apuse berasal dari tempat .....................................................
20. Interval c - d mempunyai jarak interval sebanyak ................................................

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
1. Apa yang dimaksud dengan interval nada?
Jawab : ..........................................................................................................
.................................................

2. Apa yang dimaksud dengan tangga nada?
Jawab : ..........................................................................................................
.................................................

3. Tuliskan interval nada mayor!
Jawab : ..........................................................................................................
.................................................

4. Apa yang dimaksud dengan tangga nada pentatonis?
Jawab : ..........................................................................................................
.................................................

5. Apa yang dimaksud dengan tangga nada diatonis?
Jawab : ..........................................................................................................
.................................................

6. Sebutkan dua kategori interval nada !
Jawab : ..........................................................................................................
.................................................

7. Berikan pola nada-nada yang berjarak 1⁄2 !
Jawab : ..........................................................................................................
.................................................

8. Sebutkan nama-nama interval nada !
Jawab : ..........................................................................................................
.................................................

9. Sebutkan dua tangga nada diatonis?
Jawab : ..........................................................................................................
.................................................

10. Sebutkan alat musik yang memakai tangga nada diatonis!
Jawab : ..........................................................................................................
.................................................

11. Jelaskan apa yang dimaksud dengan interval nada !
Jawab : ..........................................................................................................
.................................................

12. Sebutkan perbedaan alat musik ritmis dengan alat musik melodis !
Jawab : ..........................................................................................................
.................................................

13. Apa yang dimaksud dengan tone dan semitone?
Jawab : ..........................................................................................................
.................................................

14. Sebutkan tiga alat musik melodis!
Jawab : ..........................................................................................................
.................................................

15. Tuliskan interval nada minor!
Jawab : ..........................................................................................................
.................................................

16. Apa yang dimaksud dengan harmoni?
Jawab : ..........................................................................................................
.................................................

17. Apa yang dimaksud dengan musik ?
Jawab : ..........................................................................................................
.................................................

18. Tuliskan interval nada mayor !
Jawab : ..........................................................................................................
.................................................

19. Sebutkan tiga lagu tempat beserta asalnya!
Jawab : ..........................................................................................................
.................................................

20. Tuliskan tiga alat musik ritmis dan melodis !
Jawab : ..........................................................................................................
.................................................

Kunci Jawaban Room I

1. b. gampang dinyanyikan
2. a. pentatonis
3. d. 7 nada
4. a. Riau
5. b. harmoni
6. c. terts
7. d. drum
8. b. 1
9. b. 1
10. a. 2
11. d. interval nada
12. b. Kalimantan Selatan
13. d. Sekon
14. a. ritmis
15. b. 12
16. c. 5 1⁄2
17. b. Jawa Timur
18. a. gong
19. b. 5
20. c. 1

Kunci Jawaban Room II

1. Nahum Situmorang
2. Sumatera Utara
3. musik
4. Kampung Nan jauh di Mato
5. fa
6. interval
7. 1
8. 3
9. 2
10. 2
11. 0
12. hitam dan putih
13. melodis, harmonis, dan ritmis
14. Jawa Tengah
15. melodis
16. 12
17. ritmis
18. sekt
19. Papua
20. 1

Kunci Jawaban Room III

1. sebuah jarak antara nada satu ke nada yang lainnya
2. susunan berjenjang dari nada-nada pokok suatu sistem nada
3. 1, 1, 1⁄2, 1, 1, 1, 1⁄2
4. suatu skala dalam musik dengan lima not per oktaf
5. Tangga nada yang terdiri dari tujuh buah nada yang berjarak satu dan setengah nada
6. prim dan sekon
7. e- f, dan b-c

8. Nama-nama interval nada :
1. Prim : yaitu interval nada dari nada satu ke nada yang sama. Misal: dari nada do ke do
2. Sekon : yaitu interval nada dari nada satu ke nada kedua di atas atau di bawahnya. Misal nada do ke re
3. Terts : yaitu interval nada dari nada satu ke nada ketiga: Misal nada do ke mi
4. Quart/Kuart : yaitu interval dari nada kesatu ke nada keempat di atasnya. Misal nada do ke fa, re ke sol, mi ke la, dsb.
5. Quin/Kuint : ialah interval lima nada.
6. Sek t: ialah interval enam nada.
7. Septime : ialah interval tujuh nada.
8. Oktaf : ialah interval delapan nada, dalam musik diatonis oktav mengidentifikasikan pengulangan nada yang sama hanya dalam tingkatan yang lebih tinggi. Misal nada do rendah ke nada do tinggi, sol bawah ke sol tinggi,

9. tangga nada diatonis minor dan tangga nada diatonis mayor
10. Angklung, sasando, telempong, seruling.
11. interval nada ialah sebuah jarak antara nada satu ke nada yang lainnya
12. alat musik melodis ialah alat musik yang mempunyai nada, sedangkan alat musik ritmis ialah alat musik yang tidak mempunyai nada
13. Tone ialah bunyi nada pada suatu musik
Semitone ialah frekuensi di antara interval half step.
14. gitar, piano, biola
15. 1, 1⁄2, 1, 1, 1⁄2, 1, 1
16. keselarasan hubungan antara nada yang satu dengan nada yg lain
17. bunyi yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama dari bunyi yang dihasilkan dari alat-alat yang sanggup menghasilkan irama
18. 1, 1, 1⁄2, 1, 1, 1, 1⁄2
19. Manuk Dadali dari Jawa Barat, Kicir-kicir dari Jakarta, Tanduk Majeng dari Madura
20. Alat musik ritmis : gendang, gong, drum
Alat musik melodis : gitar, piano, biola

Download Soal UAS/ PAS K13 Kelas 6 Semester 1 Tema 3 SBdP plus Kunci Jawaban 

Note : Soal UAS/ PAS K13 Kelas 6 Semester 1 Tema 3 SBdP ialah konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasih

Itulah Soal UAS/ PAS K13 Kelas 6 Semester 1 Tema 3 SBdP yang sanggup aku bagikan. Semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Soal Uas 2 / Ukk Matematika Kelas 5 Plus Kunci Jawaban

Berikut ini yaitu pola latihan soal UAS 2 / ulangan kenaikan kelas (UKK) mata pelajaran Matematika untuk adik-adik yang duduk di dingklik sekolah dasar kelas 5. I. Berilah tanda silang (x) pada abjad a, b, c, atau d di depan tanggapan yang paling benar  ! 1. 367.234 - 77 x 15 + 17.594 : (-38) = .... a. 326.526 b. 348.616 c. 351.116 d. 365.646 2. Pengerjaan (29 x 32) x 16 = 29 x (32 x 16) merupakan pengerjaan hitung memakai sifat .... a. komutatif b. asosiatif c. distributif d. inisiatif 3. Bilangan 453 jikalau dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi .... a. 400 b. 450 c. 460 d. 500 4. FPB dari 75, 90, dan 105 yaitu .... a. 5 b. 7 c. 15 d. 25 5. 180 m + 46 cm - 38 m = .... cm a.  264 b.  1884 c. 18.084 d. 18.840 6.√625 x 6² = .... a. 660 b. 661 c. 662 d. 665 6.  Nilai 80% dari Rp 600.000,00 yaitu .... a. Rp 420.000,00 b. Rp 450.000,00 c. Rp 460.000,00 d. Rp 480.000,00 7. 9/25 = .... Pecahan di atas jikalau diubah...

Pembagian Susun (Porogapit) Untuk Anak Kelas 3 Sd

Artikel ini aku tulis berdasarkan ajakan sobat blogger yang kesulitan mengajarkan pembagian kepada adiknya yang duduk di dingklik kelas 3 SD. Sebenarnya bukan kakaknya yang tidak bisa mengajari adiknya, kesulitan ada pada adiknya yang gagal paham. Begini ya prend, mengajari anak Matematika khususnya pembagian itu membutuhkan kesabaran. Proses pembelajaran yang lebih serius dimulai saat anak sudah duduk di dingklik kelas 3 SD  yang mana anak harus berpindah proses dari banyak bermainnya saat berguru menjadi lebih fokus kepada pelajaran. Untuk mengajarkan pembagian pada tingkat lanjut, anak harus mengenal dulu konsep pembagian yang tentunya sudah dipelajari sebelumnya. Ketika masih duduk di dingklik kelas 2 SD, siswa dikenalkan bahan dasar ihwal perkalian dan pembagian. Jika perkalian yaitu penjumlahan berulang, pembelajaran selanjutnya siswa akan berguru mengenai pembagian sebagai pengurangan berulang. Konsep perkalian Dalam perkalian yang merupakan penjumlahan berulang memp...

Cara Gampang Menghitung Perkalian Dua Digit

Assalamualaikum... Hallo guys, jumpa lagi dengan nih. Sudah usang ya saya tidak update artikel di blog kesayangan ini. Langsung saja pada pada dasarnya OK ! Belajar Perkalian Dua Digit Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak mencar ilmu perkalian dua digit untuk pemula. Mengapa saya menyebutnya pemula? Seperti yang kita ketahui, perkalian merupakan salah satu dari empat operasi dasar aritmatika sebagai penjumlahan berulang. Perkalian yakni operasi hitung Matematika dengan cara mengalikan satu angka dengan angka yang lainnya. Dan ketika ini, pelajaran perkalian sudah mulai diajarkan kepada anak kelas 2 sekolah dasar yang artinya belum dewasa ini yakni pemula alasannya yakni mereka gres mengenal perkalian. Pelajaran perkalian untuk kelas 2 SD yakni perkalian dasar satu digit yang masih sanggup dikatakan gampang dan rata-rata anak sudah hampir menguasainya contohnya 4 x 5. Selanjutnya anak dikenalkan perkalian dua digit dengan satu digit angka contohnya 12 x 8. Dan ketika...