Skip to main content

Soal Pts / Uts Matematika Kelas 6 K13 Terbaru Tahun 2019

Berikut ini ialah pola latihan Soal UTS / Perguruan Tinggi Swasta Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 terbaru Tahun Ajaran 2019/2020. Soal Perguruan Tinggi Swasta Matematika ini sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga soal Perguruan Tinggi Swasta Matematika ini sanggup dijadikan sebagai materi tumpuan berguru untuk adik-adik kelas 6 dalam menghadapi UTS / Perguruan Tinggi Swasta (Penilaian Tengah Semester)

Soal Perguruan Tinggi Swasta Matematika Kelas 6 Terbaru 2019/2020


Berikut ini ialah pola latihan Soal UTS  Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Matematika Kelas 6 K13 Terbaru Tahun 2019

I. Berilah tanda silang (x) pada abjad a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
1. Seekor gajah berada di titik 26 pada garis bilangan. Gajah tersebut berjalan ke arah kiri sejauh 48 satuan. Gajah tersebut kemudian berhenti dan berbalik ke arah, kemudian berjalan 15 satuan ke arah kanan. Gajah tersebut berhenti pada titik ....
a. 89
b. 59
c. 7
d. -7

2. Seandainya Tono bangun di atas garis bilangan sempurna pada titik -15. Kemudian maju 6 langkah dan mundur sejauh 10 langkah, maka Tono akan berada pada titik ....
a. -19
b. -9
c. -1
d. 19

3. Hasil dari 25 + (-13) -17 sama dengan ....
a. -5
b. -21
c. 5
d. -21

4. Hasil dari (-8) + 3 x 9 – 42 : 6 sama dengan ....
a. 2
b. -6
c. 12
d. 42

5. Hasil dari (-78) + 6 x 9 + 42 sama dengan ....
a. -32
b. 27
c. 18
d. 56

6. Suhu di puncak gunung Everest sebesar -15°C dan suhu di kota Bekasi sebesar 32°C. Perbedaan suhu di kedua tempat tersebut ialah ....
a. 17°C
b. 32°C
c. 47°C
d. 57°C

7. Seekor ikan berenang pada kedalaman 23 meter di bawah permukaan air. Kemudian ikan itu berenang naik sejauh 7 meter. Seekor burung bertengger di atas pohon dengan ketinggian 5 meter di atas tanah. Jarak antara burung dengan ikan ialah ....
a. 5 meter
b. 11 meter
c. 21 meter
d. 35 meter

8. Bentuk desimal dari serpihan 7/125 ialah ....
a. 0,056
b. 0,0056
c. 0,56
d. 0,8

9. Diketahui perbandingan serpihan sebagai berikut !
i. 1/6 > 1/9 ii. 3/4> 4/5 iii. 5/9< 4/5 iv. 1/4> 2/3
Pernyataan di atas yang benar ialah ....
a. (i) dan (iii)
b. (i) dan (iv)
c. (ii) dan (iii)
d. (ii) dan (iv)

10. Hasil dari 2 2/3+3/5 ialah ....
a. 2 1/2
b. 2 4/5
c. 3 4/15
d. 4 1/3

11. Hasil dari 188,12 – 94,752 ialah ....
a. 39,368
b. 39,863
c. 93,368
d. 93,683

12. Hasil dari 3 1/8 x 25/100 ialah ....
a. 625/100
b. 125/100
c. 25/800
d. 25/32

13. Hasil dari 2,5 + 0,37 + 1,025 sama dengan ....
a. 1,087
b. 3,067
c. 3,895
d. 3,995

14. Hasil dari 10 1/2 ∶ 3/5 ialah ....
a. 3 2/5
b. 6 3/10
c. 16 1/2
d. 17 1/2

15. Di suatu tempat yang berada pada ketinggian 3.500 meter di atas permukaan bahari suhunya -8°C. Jika setiap naik 100 meter suhu bertambah 1°C, maka suhu di ketinggian 6.700 meter di atas permukaan bahari ialah ....
a. 22°C b. 23°C c. 24°C d. 25°C

16. Hasil dari 7/8 x 2/3 ∶2 1/2 ialah ....
a. 1/6
b. 1/5
c. 7/30
d. 4/15

17. Wati pergi ke swalayan dan membeli beras sebanyak 15 1/2 kg, tepung terigu sebanyak 7,25kg dan ikan asin jambal roti sebanyak 3/4 kg. Berat total belanjaan yang dibeli Wati ialah ....kg.
a. 23 6/10
b. 23 4/6
c. 23,34
d. 23,5

18. Bu Parmi mempunyai beras 5 1/(2 ) kg, dimasak 21/(4 ) kg dan Bu Parmi membeli beras lagi 2 3/(4 ) kg. Sisa beras tersebut diberikan kepada 3 orang fakir miskin sama banyaknya. Bagian masing masing fakir miskin memperoleh beras seberat ....
a. 2 kg
b. 4 kg
c. 6 kg
d. 12 kg

19. Ani mempunyai tali sepanjang 113/4 meter. 4.5 meter diberikan kepada Adi. Sedangkan 1/2 dari sisanya diberikan kepada Harfan. Sisa tali Ani kini ialah ....
a. 3 5/8 meter
b. 4 5/8 meter
c. 5 1/4 meter
d. 7 1/4 meter

20. Pecahan 1/75,1/65,1/80,1/84 kalau disusun secara urut dari yang terbesar ialah ....
a. 1/65,1/75,1/80,1/84
b. 1/84,1/80,1/75,1/65
c. 1/84,1/80,1/65,1/75
d. 1/80,1/84,1/65,1/75

II. Isilah titik-titik berikut dengan tanggapan yang benar !
1. Lambang bilangan negatif lima puluh satu ialah ..........................................................
2. Bilangan yang lebih besar dari -10 ialah .......................................................................
3. Perhatikan garis bilangan berikut !
Berikut ini ialah pola latihan Soal UTS  Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Matematika Kelas 6 K13 Terbaru Tahun 2019
Nilai a yang paling sempurna ialah ......................................................................................
4. Lawan dari -48 ialah ................. .......... ................................................................................

Berikut ini ialah pola latihan Soal UTS  Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Matematika Kelas 6 K13 Terbaru Tahun 2019
5. Kalimat matematika dari garis bilangan di atas ialah ..................................................
6. Hasil dari (-18) + 98 ialah ....................................................................................................
7. (-52) – (-22)=n
Maka nilai n yang sempurna ialah .................................................................................................
8. Hasil dari (-32) x (-4) ialah ..............................................................................................
9. (72) ∶2∶(-3)=n maka nilai n yang sempurna ialah .............................................................
10. Hasil dari (-5) x (-15) : 3 ialah ..........................................................................................
11. Hasil dari 100 + 8 x 5 - 4 ialah ..........................................................................................
12. Hasil dari (36 + 64) : 5 x 7 ialah ....................................................................................
13. Hasil dari 1/2-0,25 x 2 ialah .............................................................................................
14. Nilai dari 1/5 x 25+ 1/8. ialah ..............................................................................................
15. Nilai dari 50% + 0.25 - 1/4 ialah ........................................................................................

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terperinci dan benar!
1. Dalam suatu tes, evaluasi didasarkan bahwa tanggapan benar diberikan nilai 2, tanggapan salah diberikan nilai -1, dan untuk soal yang tidak dijawab diberikan nilai 0. Dari 30 soal, seorang siswa sanggup menjawab 25 soal dan 19 di antaranya di jawab dengan benar. Berapa nilai yang diperoleh siswa tersebut?
Jawab : ......................................................................................................................................
........................................................................

2. Hitunglah hasil operasi bilangan lingkaran berikut ini!
a. (-15) + (10) – (21)
b. 20 – (-5) x (-3)
c. 20 : (-4) – (-21)
Jawab : ......................................................................................................................................
........................................................................

3. Hitunglah hasil operasi hitung serpihan berikut ini!
a. 3 5/12+2 3/5-1 2/3
b. 4 7/10-2 4/5+2/3
4. Beta membeli pita sepanjang 3 3/4 meter, kemudian membeli lagi sepanjang 1 2/5 meter, berapa meter panjang pita beta sekarang?
Jawab : ......................................................................................................................................
........................................................................

5. Jumlah yang hadir dalam pertemuan RW sebanyak 120 warga masyarakat. Rapat dihadiri oleh warga RT.1, warga RT.2, dan warga RT3. Sebanyak 1/4 bab dari yang hadir merupakan warga RT.1, sedangkan 3/8 bab merupakan warga RT.2, dan selebihnya warga RT.3. Berapakah jumlah warga masing-masing RT yang menghadiri pertemuan?
Jawab : ......................................................................................................................................
........................................................................

Untuk melihat tampilan orisinil soal, berikut ini linknya ⇩

Download Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Matematika Kelas 6 K13 Terbaru Tahun 2019

Download Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Matematika Kelas 6 K13 Terbaru Tahun 2019 (Dokumen Word)

Kunci Jawaban Room I

1. d. -7
2. a. -19
3. a. -5
4. c. 12
5. b. 27
6. a. 17°C
7. b. 11 meter
8. a. 0,056
9. a. (i) dan (iii)
10. c. 3 4/15
11. c. 93,368
12. d. 25/32
13. c. 3,895
14. d. 17 1/2
15. c. 24°C
16. c. 7/30
17. d. 23,5
18. a. 2 kg
19. a. 3 5/8 meter
20. a. 1/65,1/75,1/80,1/84

Kunci Jawaban Room II

1. -51
2. -9
3. 2
4. 48
5. -2 + 6 = 4
6. 80
7. -30
8. 128
9. -12
10. 25
11. 136
12. 140
13. 0
14. 5 1/8
15. 1/2

Kunci Jawaban Room III

1. Banyaknya soal ada 30. Soal yang dijawab ada 25
Jawaban benar = 19 x 2 = 38
Jawaban salah = 6 x -1 = -6
Tidak dijawab = 5 x 0 = 0
Jumlah nilai = 38 – 6 + 0 = 32
Makara jumlah nilai yang didapat ialah 32

2. a. -26 b. 5 c. 16

3. 4 7/30
4. 5 3/20
5. RT 1 = 120 x 1/4 = 30 orang
RT 2 = 120 x 3/8 = 45 orang
RT 3 = 120 – (30 + 45) = 45 orang
Note: Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Matematika Kelas 6 K13 Terbaru Tahun 2019 ialah konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasih
Itulah Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Matematika Kelas 6 K13 Terbaru Tahun 2019 yang sanggup aku bagikan. Semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Soal Uas 2 / Ukk Matematika Kelas 5 Plus Kunci Jawaban

Berikut ini yaitu pola latihan soal UAS 2 / ulangan kenaikan kelas (UKK) mata pelajaran Matematika untuk adik-adik yang duduk di dingklik sekolah dasar kelas 5. I. Berilah tanda silang (x) pada abjad a, b, c, atau d di depan tanggapan yang paling benar  ! 1. 367.234 - 77 x 15 + 17.594 : (-38) = .... a. 326.526 b. 348.616 c. 351.116 d. 365.646 2. Pengerjaan (29 x 32) x 16 = 29 x (32 x 16) merupakan pengerjaan hitung memakai sifat .... a. komutatif b. asosiatif c. distributif d. inisiatif 3. Bilangan 453 jikalau dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi .... a. 400 b. 450 c. 460 d. 500 4. FPB dari 75, 90, dan 105 yaitu .... a. 5 b. 7 c. 15 d. 25 5. 180 m + 46 cm - 38 m = .... cm a.  264 b.  1884 c. 18.084 d. 18.840 6.√625 x 6² = .... a. 660 b. 661 c. 662 d. 665 6.  Nilai 80% dari Rp 600.000,00 yaitu .... a. Rp 420.000,00 b. Rp 450.000,00 c. Rp 460.000,00 d. Rp 480.000,00 7. 9/25 = .... Pecahan di atas jikalau diubah...

Pembagian Susun (Porogapit) Untuk Anak Kelas 3 Sd

Artikel ini aku tulis berdasarkan ajakan sobat blogger yang kesulitan mengajarkan pembagian kepada adiknya yang duduk di dingklik kelas 3 SD. Sebenarnya bukan kakaknya yang tidak bisa mengajari adiknya, kesulitan ada pada adiknya yang gagal paham. Begini ya prend, mengajari anak Matematika khususnya pembagian itu membutuhkan kesabaran. Proses pembelajaran yang lebih serius dimulai saat anak sudah duduk di dingklik kelas 3 SD  yang mana anak harus berpindah proses dari banyak bermainnya saat berguru menjadi lebih fokus kepada pelajaran. Untuk mengajarkan pembagian pada tingkat lanjut, anak harus mengenal dulu konsep pembagian yang tentunya sudah dipelajari sebelumnya. Ketika masih duduk di dingklik kelas 2 SD, siswa dikenalkan bahan dasar ihwal perkalian dan pembagian. Jika perkalian yaitu penjumlahan berulang, pembelajaran selanjutnya siswa akan berguru mengenai pembagian sebagai pengurangan berulang. Konsep perkalian Dalam perkalian yang merupakan penjumlahan berulang memp...

Cara Gampang Menghitung Perkalian Dua Digit

Assalamualaikum... Hallo guys, jumpa lagi dengan nih. Sudah usang ya saya tidak update artikel di blog kesayangan ini. Langsung saja pada pada dasarnya OK ! Belajar Perkalian Dua Digit Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak mencar ilmu perkalian dua digit untuk pemula. Mengapa saya menyebutnya pemula? Seperti yang kita ketahui, perkalian merupakan salah satu dari empat operasi dasar aritmatika sebagai penjumlahan berulang. Perkalian yakni operasi hitung Matematika dengan cara mengalikan satu angka dengan angka yang lainnya. Dan ketika ini, pelajaran perkalian sudah mulai diajarkan kepada anak kelas 2 sekolah dasar yang artinya belum dewasa ini yakni pemula alasannya yakni mereka gres mengenal perkalian. Pelajaran perkalian untuk kelas 2 SD yakni perkalian dasar satu digit yang masih sanggup dikatakan gampang dan rata-rata anak sudah hampir menguasainya contohnya 4 x 5. Selanjutnya anak dikenalkan perkalian dua digit dengan satu digit angka contohnya 12 x 8. Dan ketika...