Skip to main content

Soal Pts / Uts Matematika Kelas 4 Semester 1 K13 Tahun 2019/2020

Berikut ini yaitu teladan latihan Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Matematika Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013 terbaru Tahun Ajaran 2019/2020. Soal Perguruan Tinggi Swasta Matematika ini sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga soal Perguruan Tinggi Swasta Matematika ini sanggup dijadikan sebagai materi acuan berguru untuk adik-adik kelas 4 dalam menghadapi UTS / Perguruan Tinggi Swasta (Penilaian Tengah Semester)

Soal Perguruan Tinggi Swasta Matematika Kelas 4 Semester 1 Tahun Ajaran 2019/2020


Berikut ini yaitu teladan latihan Soal Perguruan Tinggi Swasta  Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Matematika Kelas 4 Semester 1 K13 Tahun 2019/2020

I. Berilah tanda silang (x) pada abjad a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
1. Pecahan berikut yang tidak senilai dengan 1/2 yaitu ....
a. 2/4
b. 3/6
c. 5/10
d. 5/15

2.
Berikut ini yaitu teladan latihan Soal Perguruan Tinggi Swasta  Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Matematika Kelas 4 Semester 1 K13 Tahun 2019/2020
Daerah yang diarsir pada gambar tersebut senilai dengan ....
a. 3/6
b. 5/7
c. 3/8
d. 5/8

3. Perhatikan garis bilangan di bawah ini !
Berikut ini yaitu teladan latihan Soal Perguruan Tinggi Swasta  Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Matematika Kelas 4 Semester 1 K13 Tahun 2019/2020
Pecahan desimal yang ditunjukkan N yaitu ....
a. 1,81
b. 1,83
c. 1,85
d. 1,87

4. Bentuk pecahan 0,5 diubah ke bentuk pecahan biasa menjadi ....
a. 1/2
b. 1/3
c. 1/4
d. 1/5

5. Bentuk pecahan sederhana dari pecahan desimal 0,05 yaitu ....
a. 1/2
b. 1/5
c. 1/10
d. 1/20

6. Bentuk desimal dari pecahan 7/8 yaitu ....
a. 0,5
b. 0, 75
c. 0,8 d. 0,875

7. Pecahan 4/5 diubah ke dalam pecahan persen menjadi ....
a. 5 %
b. 50 %
c. 75%
d. 80 %

8. Panjang pita Erin 0,6 meter, panjang pita Santi 1/2 meter, panjang pita Dona 7/8 meter, dan panjang pita Vina 0,8 meter. Pita yang paling panjang yaitu pita ....
a. Erin
b. Santi
c. Dona
d. Vina

9. Diketahui 3/4 - 1/3 = A + 1/4 , maka nilai A yaitu ....
a. 1/6
b. 2/3
c. 1/8
d. 1/2

10. Panjang pita Manda 6/(10 ) meter. Digunakan untuk kerajinan tangan 1/3 meter. Sisa pita yaitu .... meter.
a. 1/3
b. 2/5
c. 7/10
d. 4/15

11. Bilangan kelipatan 6 yang kurang dari 40 yaitu ....
a. 12, 18, 24, 30, 36
b. 12, 18, 26, 32, 38
c. 12, 16, 20, 26, 32, 38
d. 12, 16, 22, 28, 34

12. Faktor dari 60 yaitu ....
a. 1, 2, 3, 6, 12, 15, 30, 60
b. 1, 2, 3, 4, 6, 12, 15, 30, 60
c. 1, 2, 3, 4, 5, 6, 12, 15, 30, 60
d. 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 12, 15, 30, 60

13. Faktor prima dari 56 yaitu ....
a. 2
b. 3
c. 3 dan 7
d. 2 dan 7

14. Faktor komplotan dari 36 dan 42 yaitu ....
a. 1, 2, 3, 4
b. 1, 2, 3, 4, 6
c. 1, 2, 3, 4, 6, 12
d. 1, 2, 3, 4, 6, 8, 12

15. Faktorisasi prima dari 27 yaitu ....
a. 2 x 3 x 5
b. 22 x 3
c. 2 x 32
d. 33

16. Faktor komplotan terbesar (FPB) dari 24 dan 36 yaitu ....
a. 2
b. 3
c. 6
d. 12

17. Bilangan 18, 21, 24, ...., 42 yaitu kelipatan dari ....
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5

18. KPK dari bilangan 16 dan 18 yaitu ....
a. 48
b. 56
c. 144
d. 128

19. KPK dari 3, 4, dan 6 yaitu ....
a. 12
b. 24
c. 36
d. 42

20. KPK dan FPB dari 20 dan 35 yaitu ....
a. 35 dan 5
b. 70 dan 5
c. 130 dan 5
d. 140 dan 5

21. Menjelang hai raya, Pak Basuki membagikan 120 kg beras, 60 kg gula pasir, dan 50 kg minyak goreng kepada tetangganya dalam bentuk paket lebaran. Setiap paket terdiri atas tiga jenis barang
dalam jumlah yang sama banyak. Tetangga yang akan mendapatkan paket lebaran dari Pak Basuki sebanyak ....
a. 5
b. 6
c. 10
d. 12

22. Mail membagikan tiga jenis makanan, yaitu 24 camilan elok bolu, 27 camilan elok cokelat, dan 42 permen karet. Ketiga masakan itu akan diberikan kepada teman bermainnya dengan jumlah dan jenis yang sama
banyak. Banyaknya teman yang sanggup diberi yaitu ....
a. 2
b. 3
c. 6
d. 8

23. Tiga buah lampu dinyalakan secara tolong-menolong pada pukul 09.15. Lampu merah menyala setiap 4 detik, lampu hijau menyala setiap 7 detik, sedangkan lampu kuning menyala setiap 10 detik. Ketiga lampu itu akan menyala bersamaan untuk kedua kalinya pada menit ke ....
a. 220
b. 224
c. 240
d. 280

24. lbu membeli 42 buah jeruk dan 60 buah apel. Kedua jenis buah-buahan tersebut dimasukkan pada beberapa wadah. Setiap wadah sama banyak. Wadah terbanyak yang harus ibu sediakan yaitu ....
a. 4
b. 5
c. 6
d. 8

25. Jamil dan Jamal mengikuti kursus bahasa Inggris. Mereka menerima kegiatan yang berbeda. Jamil menerima kegiatan 4 hari sekali. Jamal menerima kegiatan 6 hari sekali. Mereka kursus bersama setiap .... hari sekali.
a. 8
b. 8
c. 9
d. 12

II. Isilah titik-titik berikut dengan tanggapan yang benar !
1. Sebuah camilan elok dipotong menjadi 12 bab sama besar. Dodi makan 5 bagian. Bilangan pecahan yang menyatakan banyaknya camilan elok yang dimakan Dodi yaitu .......................................

2. Pecahan 4/5 , 2/3 , dan 1/4 disusun secara urut dari terkecil yaitu ....
3. Hasil dari 4 4/5 + 6 1/2 = ...........................................................
4. Bentuk pecahan desimal dari 5/8 yaitu ..............................................
5. Bentuk pecahan yang paling sederhana dari 0,25 yaitu ..................................
6. Faktor dari bilangan 54 yaitu ..............................................
7. Faktorisasi prima dari 80 yaitu ...........................................
8. FPB dari bilangan dari 10, 15, dan 20 yaitu ..............................................
9. KPK bilangan dari 12, 18, dan 24 yaitu .........................................................................
10. Susi mencuci baju 3 hari sekali. Sedangkan Susanti mencuci baju 2 hari sekali. Mereka akan mencuci dalam hari yang sama setiap ..................................... hari sekali.

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!

1. Seorang pedagang pupuk memiliki persediaan 12/20 ton. Dibeli oleh para pelanggan 9/20 ton. Kemudian pedagang membeli lagi 7/20 ton. Berapa ton pupuk pedagang itu sekarang?
Jawab : .....................................................................................................................................................
.........................................................................

2. Untuk menciptakan celana panjang diharapkan 1 4/5 meter kain, sedangkan untuk menciptakan kemeja lengan pendek diharapkan kain sebanyak 11/2 meter. Berapa meter kain yang diharapkan untuk menciptakan 2 celana panjang dan 2 kemeja lengan pendek
Jawab : .....................................................................................................................................................
.........................................................................

3. Di suatu menara, terdapat dua buah lonceng. Lonceng pertama berdentang setiap 2 menit dan lonceng kedua setiap 3 menit. Selama satu jam, Berapa kali kedua lonceng tersebut berdentang bersamaan?
Jawab : .....................................................................................................................................................
.........................................................................

4. Nina berenang setiap 4 hari, sedangkan Tanti berenang setiap 5 hari. Mereka berenang tolong-menolong pada tanggal 5 Juli. Pada tanggal berapakah mereka akan berenang tolong-menolong lagi?
Jawab : .....................................................................................................................................................
.........................................................................

10. Ibu memiliki 30 jeruk dan 36 mangga yang hendak dibagikan warga sekitar. Ibu ingin memasukkannya ke dalam kantong plastik. Tiap kantong plastik berisi jeruk dan mangga sama banyak. Berapakah paling banyak kantong plastik yang dibutuhkan Ibu?
Jawab : .....................................................................................................................................................
.........................................................................

KUNCI JAWABAN ROOM I

1. d. 5/15
2.. c. 3/8
3.. c. 1,85
4. a. 1/2
5. d. 1/20
6. d. 0,875
7. d. 80 %
8. c. Dona
9. a. 1/6
10. d. 4/15
11. a. 12, 18, 24, 30, 36
12. c. 1, 2, 3, 4, 5, 6, 12, 15, 30, 60
13. d. 2 dan 7
14. b. 1, 2, 3, 4, 6
15. d. 33
16. d. 12
17. b. 3
18. c. 144
19. a. 12
20. d. 140 dan 5
21. c. 10
22 b. 3
23. d. 280
24. c. 6
25. d. 12

KUNCI JAWABAN ROOM II

1. 5/12
2. 1/4, 2/3 , 4/5
3. 11 3/10
4. 0,625
5. 1/4
6. 1, 2, 3, 6, 9, 18, 27, 54
7. 24 x 5
8. 5
9. 72
10. 6

KUNCI JAWABAN ROOM III

1. [12/20- 9/10 ] + 7/20 = 3/20 + 7/20 = 10/20 = 1/2 , jadi pupuk pedagang itu kini 1/2 ton

2. [2 x 1 4/5] + [2 x 1 1/2] = 3 3/5 + 3 = 6 3/5 , jadi kain yang diharapkan 6 3/5 meter
3. KPK 2 dan 3 yaitu 6
24 menit : 6 menit = 4, jadi selama 1 jam kedua lonceng berdentang bersamaan sebanyak 4 kali
4. KPK 4 dan 5 yaitu 20
Tanggal 5 Juli + 20 hari = tanggal 25. Jadi, mereka berenang bersama tanggal 25 Juli
5. FPB 30 dan 36 yaitu 6
Jadi, kantong plastik yang dibutuhkan ibu yaitu 6

Jika ingin melihat tampilan orisinil soal sekaligus untuk mendownload soal, berikut ini linknya ⇩

Download Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Matematika Kelas 4 Semester 1 K13 Tahun 2019/2020

Download Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Matematika Kelas 4 Semester 1 K13 Tahun 2019/2020 (Dokumen word)

Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Matematika Kelas 4 Semester 1 K13 Tahun 2019/2020 adalah konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasih

Jika ingin menerbitkan ulang soal ini, mohon untuk diedit sehingga soal tidak sama persis dengan yang sudah diterbitkan oleh juraganles.com. Terima kasih

Itulah Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Matematika Kelas 4 Semester 1 K13 Tahun 2019/2020. Semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Soal Uas 2 / Ukk Matematika Kelas 5 Plus Kunci Jawaban

Berikut ini yaitu pola latihan soal UAS 2 / ulangan kenaikan kelas (UKK) mata pelajaran Matematika untuk adik-adik yang duduk di dingklik sekolah dasar kelas 5. I. Berilah tanda silang (x) pada abjad a, b, c, atau d di depan tanggapan yang paling benar  ! 1. 367.234 - 77 x 15 + 17.594 : (-38) = .... a. 326.526 b. 348.616 c. 351.116 d. 365.646 2. Pengerjaan (29 x 32) x 16 = 29 x (32 x 16) merupakan pengerjaan hitung memakai sifat .... a. komutatif b. asosiatif c. distributif d. inisiatif 3. Bilangan 453 jikalau dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi .... a. 400 b. 450 c. 460 d. 500 4. FPB dari 75, 90, dan 105 yaitu .... a. 5 b. 7 c. 15 d. 25 5. 180 m + 46 cm - 38 m = .... cm a.  264 b.  1884 c. 18.084 d. 18.840 6.√625 x 6² = .... a. 660 b. 661 c. 662 d. 665 6.  Nilai 80% dari Rp 600.000,00 yaitu .... a. Rp 420.000,00 b. Rp 450.000,00 c. Rp 460.000,00 d. Rp 480.000,00 7. 9/25 = .... Pecahan di atas jikalau diubah...

Pembagian Susun (Porogapit) Untuk Anak Kelas 3 Sd

Artikel ini aku tulis berdasarkan ajakan sobat blogger yang kesulitan mengajarkan pembagian kepada adiknya yang duduk di dingklik kelas 3 SD. Sebenarnya bukan kakaknya yang tidak bisa mengajari adiknya, kesulitan ada pada adiknya yang gagal paham. Begini ya prend, mengajari anak Matematika khususnya pembagian itu membutuhkan kesabaran. Proses pembelajaran yang lebih serius dimulai saat anak sudah duduk di dingklik kelas 3 SD  yang mana anak harus berpindah proses dari banyak bermainnya saat berguru menjadi lebih fokus kepada pelajaran. Untuk mengajarkan pembagian pada tingkat lanjut, anak harus mengenal dulu konsep pembagian yang tentunya sudah dipelajari sebelumnya. Ketika masih duduk di dingklik kelas 2 SD, siswa dikenalkan bahan dasar ihwal perkalian dan pembagian. Jika perkalian yaitu penjumlahan berulang, pembelajaran selanjutnya siswa akan berguru mengenai pembagian sebagai pengurangan berulang. Konsep perkalian Dalam perkalian yang merupakan penjumlahan berulang memp...

Cara Gampang Menghitung Perkalian Dua Digit

Assalamualaikum... Hallo guys, jumpa lagi dengan nih. Sudah usang ya saya tidak update artikel di blog kesayangan ini. Langsung saja pada pada dasarnya OK ! Belajar Perkalian Dua Digit Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak mencar ilmu perkalian dua digit untuk pemula. Mengapa saya menyebutnya pemula? Seperti yang kita ketahui, perkalian merupakan salah satu dari empat operasi dasar aritmatika sebagai penjumlahan berulang. Perkalian yakni operasi hitung Matematika dengan cara mengalikan satu angka dengan angka yang lainnya. Dan ketika ini, pelajaran perkalian sudah mulai diajarkan kepada anak kelas 2 sekolah dasar yang artinya belum dewasa ini yakni pemula alasannya yakni mereka gres mengenal perkalian. Pelajaran perkalian untuk kelas 2 SD yakni perkalian dasar satu digit yang masih sanggup dikatakan gampang dan rata-rata anak sudah hampir menguasainya contohnya 4 x 5. Selanjutnya anak dikenalkan perkalian dua digit dengan satu digit angka contohnya 12 x 8. Dan ketika...